Mengisi Bulan Puasa Dengan Menulis di Blog Setiap Hari Bersama Komunitas Blogger Perempuan

Tidak ada komentar

Ini bisa diistilahkan ODOP Challenge atau  One Day One Post. Tantangan memposting satu tulisan setiap hari.  Beberapa komunitas blogger membuat acara ini, bisa diikuti sebagai ajang seru-seruan dan trik ampuh untuk menaikkan lagi pageview blog. Dan yang lebih penting lagi adalah cara paling manjur membuat mood nge-blog balik lagi. 

Nah, bulan puasa ini saya sengaja libur dengan semua pekerjaan rutin. Mengajar online untuk belajar coding anak-anak di KELASKU DIGITAL juga saya liburkan. Selain ingin istirahat dan tidak rushing hours lagi di bulan Ramadhan, seperti tahun kemarin. Saya juga ingin bisa selesai menulis buku AYO BERMAIN CODING yang jadi pegangan kelas coding anak-anak kelak.  

Iya, video tutorial di You Tube, sudah ada. Di Udemy, bahkan saya sudah bikin kelas khusus coding anak dengan Scratch. Namun permintaan adanya tutorial dalam bentuk buku cetak, masih terus ada. 

Baiklah, karena tidak semua bisa mengakses internet dengan mudah ya. Maka buku adalah solusi. 


Sekitar 2 bulan ini saya libur kerja ngajar, maka sambil menulis buku percodingan, ada asyiknya juga berbagi cerita lagi di blog. 

Biar rame, dan ada trigger untuk menulis setiap hari, saya rencananya ikutan Tantangan ngeblog dengan komunitas Blogger Perempuan. 

Ini nih di sini informasinya: https://bloggerperempuan.com/ramadan-2021/




Menulis blog setiap hari kadang berat banget rasanya. Dan emang iya :)
Namun ada triknya. Terutama untuk ibu-ibu yang anaknya masih kecil-kecil, susah cari celah madep laptop. Atau ada yang masih sibuk untuk bikin kue kering jualan, dan pekerjaan lainnya selain ngeblog.

Jadi, jika ada waktu 1-2 jam, langsung buatlah draft postingan beberapa tulisan sesuai dengan tema judul harian dan mingguan. Lalu set Publisikasi Terjadwal. Pasanglah tanggal sesuai dengan jadwalnya. 

Jangan terlalu risau dengan isinya yang belum sempurna, SEO, gambar, infografis, meta tag data dan ini dan itu. Udah stop dulu, bisa diedit nanti. 
Yang penting sudah bisa tayang dengan istilahnya MVP (Minimum Viable Product), dengan tulisan yang layak tayang. Ga cuma judul doang, gambar dan sebaris kalimat ya. Karena ini blog. 

Setelah tayang, maka masukkan ke link di dalam website Blogger Perempuan, sesuai link di atas, untuk setor link saja. Jika sudah selesai komplit lengkap semua, baru nanti ada form muncul dan kita bisa menyelesaikan tantangan menulis 1 bulan ini. 

Coba amati saja, dalam waktu 1-2 minggu, maka pageview blog akan naik. DA PA blog juga akan naik. Dan Insya Allah jika emang rejekinya, akan ada 1, 2, 3 dan seterusnya email masuk untuk menawarkan pekerjaan atau job review. 

Nah mumpung tidak ada aturan ketat, maka usahakan membuat postingan blog yang "mempromosikan" dirimu sendiri. Ungkapkan segala kemampuan, prestasi atau Personal Branding kalian, sehingga semua orang tahu dan kenal. Oh mbak Heni ini gurunya coding anak-anak ya, semacam itu. 

Oke mari ikut aktif mengisi bulan puasa sambil berlatih menulis. See you. 


Tidak ada komentar

Thanks For Your Comment :)