Pencapaian Tertinggi Dalam Hidupku: Sebagai Lifelong Learner

1 komentar

Batal jadi peneliti biokimia. Malah jadi ibu rumah tangga.  Drama banget kalau orang bilang ya :). Untung saja. Alhamdulillah beruntung. Belajar adalah senjata utama saya mengatasi ke-drama-an itu. 

Pencapaian di Masa Pandemi: Bisa Membuka Kelas Online

Pagi ini saya baru saja mengirimkan tujuh file pdf sertifikat untuk anak-anak yang selesai ikut Kelas Creative Coding Scratch Programming di Kelasku Digital yang saya ampu. 

Total murid kelas online saya sejak tahun 2020, sebenarnya sekitar 100 anak lebih. Bisa sampai 125 anak. Namun, baru tahun ini saya mengeluarkan sertifikat. Itu pun karena ada orang tua murid yang meminta. Bukan hendak kurang benar membuat kelas, namun saat itu niat saya sengaja tidak mengeluarkan sertifikat, supaya anak-anak lebih fokus pada proses belajarnya saja. 

Dan sebenarnya di Kelasku Digital itu, selesai kelas resmi atau reguler, masih ada belajar coding bareng alumni bisa di Live Coding atau Code With Me. Namun dalam perjalanan waktu, saya pun paham pentingnya sertifikat ini sebagai dokumentasi bagi orang tua. Jadi mulai saya keluarkan bulan April 2021 ini, dan menunggu tiap anak mengisi form sertifikat yang sudah saya berikan. 

Ini sebuah pencapaian besar di masa sulit karena wabah COVID19 ini. 

Kalau melihat mundur, kesulitan saya untuk bekerja di lembaga formal setelah mampu lulus secara Cum Laude di S2 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya tahun 2015 lalu, bisa membuat kelas sendiri bahkan secara online ini sebuah pencapaian yang tidak terduga. 

Bertahun-tahun saya merasa sulit sekali bergerak di dunia pendidikan jika tidak masuk lembaga resmi yang ada di bawah naungan Diknas (Pendidikan Nasional) di Indonesia. Entah menjadi guru atau dosen, atau staf ahli lainnya. Sulit sekali saya menembusnya. Sekaligus sulit sekali menjadi pendamping dari ranah non formal. 

Kesulitan Diatasi dengan Belajar

Namun keputusan saya untuk BELAJAR LAGI terutama tentang teknologi digital dan coding, mampu membuka jalan bagi saya sendiri. Untuk bekerja secara mandiri di bidang pendidikan luar sekolah atau non formal. 

Belajar juga trik jitu yang saya ambil ketika mengalami kesulitan sesuai kalimat pertama di postingan ini. Sempat berada di titik terendah karena merasa gagal meneruskan profesi sebagai Peneliti. Saya alihkan dengan mengisi waktu tunggu saat jadi ibu rumah tangga itu, dengan berbagai ilmu baru. Apapun bentuknya. Baik itu membuat cookies, perhiasan handmade, berjualan online, ngeblog dan juga ini yang paling membantu: belajar teknologi digital memanfaatkan laptop dan internet. 

Dengan kembali BELAJAR LAGI sampai sekarang, saya bisa bergerak maju secara bertahap. Dan ini adalah pencapaian tertinggi saya sebagai pribadi. Apa pernah menang ini itu, atau terpilih dalam program besar? iya saya pernah. Akan saya tulis dalam daftar berikutnya, sekaligus untuk mengingatkan diri saya sendiri atas apa saja yang telah saya kerjakan sejak kecil sampai sekarang. 

Menyusul ya. 

1 komentar

  1. setuju mbak, kesulitan itu bisa diatasi dengan kita belajar ... learning by doing.

    BalasHapus

Thanks For Your Comment :)