Arti Nama Blog Terkait Personal Branding

Tidak ada komentar

Pustaka Madoji, Cipta Rasa Karsa, itu adalah dua nama blog yang pertama kali saya buat. Blog yang sedang anda baca ini adalah blog kedua saya. Yang lahir karena ruwetnya memikirkan nama blog dan domain, supaya bisa punya subdomain lainnya dengan mudah. 


Jadi begini ceritanya, mungkin nanti jadi wawasan buat kalian yang bingung memilih nama blog, nama Top Level Domain dan kaitannya dengan personal branding. 

Blog pertama saya, https://heniprasetyorini.blogspot.com adalah blog yang pertama kali saya buat sejak tahun 2009. Ketika pertama kali mengenal platform blogger. Paralel dengan mengenal juga WordPress. Ketika sebelumnya aktif rutin menulis di platform Multiply (yang ini sudah hilang platformnya, sekaligus dua blog saya). 

Di blog pertama inilah saya eksplorasi gila-gila'an tentang segala hal tanpa ilmu sama sekali, alias dari "trial and error" sendiri. Mencoba segala hal dengan Learning by doing

Blog pertama ini terus berganti-ganti untuk nama blog dan juga template (theme blog). Saya bisa berganti puluhan kali sampai saat ini. Lebih karena meniru dan tertarik dengan blog orang lain yang keren. Untuk alamat blog masih tetap heniprasetyorini.blogspot.com.

Sampai akhirnya saya masuk komunitas blogger, dan dikenalkan dengan istilah Personal Branding. Juga pentingnya mengalihkan alamat blog yang semula berakhiran blogspot menjadi dot com, supaya lebih tampak profesional. 

Demi ingin beranjak menjadi Blogger Profesional, maka blog pertama saya itu saya redirect ke domain www.heniprasetyorini.com dan nama blog menjadi nama diri saya sendiri. Walau juga bertahap dan berubah-ubah, yaitu Blog Heni, Heni's Blog sampai ke Personal Blog Heni Prasetyorini. 

Selanjutnya tampak sudah mapan dan lancar. Bahkan blog itu menang lomba dengan domain tersebut. Sampai akhirnya jiwa eksplorasi saya berkembang lagi, dan itu kadang bikin jadi ruwet sendiri :)

Ketika menang lomba blog itu, termasuk juga ketika menggunakan nama Akademi Prasetyorini sebagai judul tugas akhir membuat website di Coding Mum Surabaya, saya kembali goyah tentang nama blog. Terlebih ketika sudah tahu kalau kita bisa membuat subdomain gratis dari satu nama domain.

Jadi beli domain dot com satu kali, bisa membuat sudomain dot com juga tanpa bayar lagi. Sehingga kita bisa mendapatkan 3 blog berakhiran dot com dan hanya cukup membayar satu domain saja setiap tahun. 

Berputarlah otak ini, bagaimana supaya punya satu nama domain, yang bisa dijadikan subdomain. Ketemulah ide ini. 

1. Membeli domain www.prasetyorini.com

2. Membuat subdomain https://akademi.prasetyorini.com

3. Membuat lagi subdomain https://heni.prasetyorini.com

Nah, ide cerdas bukan?

Maka saya pun membeli domain lagi, www.prasetyorini.com lalu membuat dua subdomain lagi. Jadi itungannya saya punya 5 blog aktif berakhiran dot com. Semuanya diberi nama persis dengan alamat domain dan subdomain. 

Semuanya menuju ke nama asli saya, Heni Prasetyorini. Sebelumnya saya mencoba menggunakan nama lain, seperti EMAK GAHAR dan IBU RUMAH TANGGA DIGITAL. Dan ini nyaris saya belikan domain dot com khusus juga. 

Namun setelah bertanya ke salah satu blogger profesional, mbak Shinta Ries, founder dari Blogger Perempuan, yang memberitahukan jika kelak blogger ingin travelling akan kesulitan mensinkronkan nama blog dan nama asli. Juga lebih baik menggunakan nama asli untuk blog sebagai personal branding. 

Sebagai blogger pemula, yang juga padahal yakin gak akan bisa traveling juga seperti mbak Shintaries, saya sepakat dengan alasan itu. Karena saya pun ingin mulai membuat langkah-langkah sebagai Self Employee. Untuk bisa bekerja sendiri secara independen. Maka memunculkan nama asli adalah pilihan yang tepat. 

Dalam perjalanan waktu, sempat juga saya goyah lagi ingin mengganti semua domain dot com saya menjadi domain dot id (.id), karena saat itu lagi gencarnya promosi juga dan ada diskonan banget serta demi nasionalis. Karena domain .id itu berarti kita adalah warga Indonesia. 

Maka domain www.heniprasetyorini.com saya ganti www.heniprasetyorini.id.  Berkembang juga satu blog startup saya lainnya www.kelaskudigital.com, pun saya belikan juga www.kelaskudigital.id. 

Begitulah galaunya saya di dunia blogger. Jangan ditiru deh. Karena jadinya capek sendiri. Redirect domain blog bolak-balik, berurusan dengan DNS Manager dan segala kode dan angka itu. Kadang error, blog jadinya malah tidak terdeteksi dan jadi error 404. Stress banget. 

Sampai akhirnya saya pilih untuk meminimalisir semuanya. Saya pilih mempertahankan satu domain saja, www.prasetyorini.com dan segala subdomainnya. Untuk startup, kembali juga ke www.kelaskudigital.com dan segala subdomainnya pula. Dan melepaskan domain .id dan .web.id lainnya yang saya beli secara impulsif. 

Hadeeeh beli domain aja bisa impulsif ya?

Begitulah. 

Dari cerita saya ini, nanti bisa teman-teman ambil insight, sebaiknya harus bagaimana merancang nama blog dan domain, supaya bisa bertahan lama tidak ganti-ganti. Karena ganti nama domain, akan mengembalikan semua kualitas rangking blog kita di mata google kembali ke titik nol. Pikirkan baik-baik oke :)


Tidak ada komentar

Thanks For Your Comment :)