Blog Sebagai Sumber Ilmu dan Revenue

Tidak ada komentar

Bermanfaat sekaligus menghasilkan. Itulah konsep dari menjadikan BLOG sebagai sumber ilmu dan revenue (pendapatan).  

Tak perlu sungkan atau segan menyebutkan blog sebagai salah satu "kolam" untuk mencari uang. Karena memang benar adanya blog bisa jadi sumber pendapatan bahkan sebagai mata pencaharian. 

Kebetulan sekali, tempo hari saya mengikuti acara yang dibuat oleh komunitas BloggerHub tentang Multiple Stream Income as Blogger. Yang membahas tentang berbagai jalur mencari pendapatan untuk blogger. Berikut videonya, terima kasih sekali untuk Bloggerhub ini sudah ditayangkan live di Youtube. 


Silahkan simak videonya dengan baik dan berbagi insight atau pandangan baru di sini bersama saya. 

Kalau saya pribadi, dengan mengikuti langsung acara tersebut jadi tergugah. Dan menyadari ada hal yang terlewat selama saya mengenal blog belasan tahun itu. Bahwa sebenarnya saya bisa membuat berbagai jenis blog dan tidak harus saya sendiri yang menulisnya. 

Mas Hadi, pembicara waktu itu bercerita bahwa dia mengelola 150 blog dengan belasan content writer yang bekerja di bawah perusahaannya. Sementara awalnya dia menulis sendiri blog yang berisi tips mengelola warnet dan tentang teknologi, bidang yang dikuasainya sebagai Sarjana Teknik Informatika. 

Bukan gelarnya mas Hadi yang membuat saya tergerak. Melainkan bahwa selama ini saya terlalu sempit melihat diri sendiri dalam membuat blog. Tapi anggap saja ini adalah proses yang memang harus saya lalui.

Jadi, sejak mulai ngeblog sampai sekarang, saya sering membatasi diri pada satu NICHE dan PERSONAL BRANDING ketika ingin membuat sesuatu. Termasuk ketika ingin menulis di BLOG. 

Sangat berhati-hati dan sengaja menutup diri atau membatasi diri. Demi menaikkan niche bertema PEREMPUAN DAN TEKNOLOGI, saya hanya menulis tentang perjalanan Coding Mum, belajar, pendidikan dan teknologi. 

Saya sangat membatasi dalam menulis tentang Lifestyle, Kesehatan, Parenting, Kuliner, Memasak terlebih lagi Hiburan dan Travelling. Padahal sangat tahu bahwa ini adalah topik yang banyak disukai. 

Dulu saya berdalih, tidak akan bisa menulis itu karena bukan hobi, bukan minat, bukan bakat dan terlebih lagi BUKAN GUE BANGET. 

Jadi saya mengasosiasikan BLOG = SAYA. Dan ini saya asosiasikan sangat kuat. 

Hal baiknya adalah benar PERSONAL BRANDING dan NICHE saya terbangun sangat kuat. Namun sebaliknya, saya mengabaikan potensi lain yang sebenarnya juga bisa saya eksplorasi dan kembangkan. 

Dengan penuturan dari mas Hadi kemarin, saya sadarnya begini, oh iya ya, kan saya bisa membuat blog, dengan topik dan nama beragam, tanpa menampilkan diri saya sebagai penulisnya. 

Saat ini saya sudah kenal beberapa penulis konten yang bagus, sudah tahu cara manajemen penulis blog dan juga bagaimana optimasi blog, media sosial dan digital marketing. Sekaligus dari pengalaman, jadi tahu apa yang disukai dan dibutuhkan oleh banyak orang. Yang kelak bisa membuat blog yang saya buat ini menjadi sebuah SUMBER INCOME atau REVENUE baru. 

Pasti dan pasti, blog itu harus menjadi SUMBER ILMU yang baik dan bermanfaat. 

Tidak ada komentar

Thanks For Your Comment :)