Alasan Mulai Ngeblog

Tidak ada komentar

Suka menulis. Alasan pertama bahagia menemukan BLOG adalah ini. Sebelumnya saya menuliskan curhatan, cerita dan topik sehari-hari di note Facebook. Baru saja saya coba mengakses lagi note facebook, tapi sepertinya udah beneran dihapus selamanya. So sad. Untung sudah sempat saya simpan tulisan-tulisan itu di google drive. 

Yah, begitulah resikonya jika menulis secara online. Jika fitur dianggap ga penting, atau satu platform ditutup, maka hilang semua tulisan kita. Termasuk blog Multiply yang sempat saya buat dulu, juga hilang karena platform dihapus dan berhenti beroperasi. Entah kenapa alasannya, padahal pengguna blog Multiply cukup banyak. Saya tak terlalu update beritanya karena akses internet di tahun 2009-an itu belum begitu bagus. Harus ke warnet dulu buat internetan :)

Jadi, nemu BLOG ini darimana awalnya?

Saya yakin dari facebook, kemudian saya cari tahu tentang blog dan cara nge-blog dari hasil browsing. Saat itu browsing masih lebih sering dan spontan pakai Yahoo. Atau Bing. Search engine bernama Google masih jarang digunakan dan tidak terkoneksi otomatis dengan Internet Explorer (IE). Astaga jadul amat saya ya hahaha. 

Sekitar tahun 2009 itu, ketika saya dapat akses internet walau dari warnet (warung internet), saya pun kenal dengan Blog. Mulai dari platform bernama Multiply, lalu Blogger dan WordPress. Kesemuanya saya pelajari dan buat blognya. Eh termasuk juga Kompasiana, saya buat akun juga di situ di tahun 2009. 

Saat itu aktifnya Multiply, saya buat 2 jenis blog. Yaitu untuk personal blog (curhatan doang) dengan nama blog adalah nama saya sendiri. Yang kedua adalah untuk jualan jilbab online, dengan alamat blog: jilbaborin.multiply.com. Alamat blog ini sampai ada di kartu nama jualan saya. 

Blog di Blogger (blogspot) dan WordPress sempat terisi 1-2 tulisan saja. Ketika Multiply tidak ada, saya putuskan menggunakan Blogspot karena lebih mudah untuk mengisi konten dan mengganti template. 

Di blog pertama saya, https://heniprasetyorini.blogspot.com ini saya isi dengan tulisan saya di Note Facebook sebelumnya, tentang cerita ketika saya melahirkan anak kedua secara prematur. Selanjutnya saya menulis seputar itu juga, cerita sehari-hari mengurus anak di rumah juga memulai bisnis kecil-kecilan menjual jilbab secara online. Untuk ini saya buat blog http://jilbaborin.blogspot.com

Jadi alasan mulai ngeblog saya itu ada 2 awalnya, menampung curhatan dan promosi jualan. 

 

Saya pelajari semua hal tentang BLOG ini secara otodidak. Kesalahan model apa aja sudah saya alami. Berbagai bentuk template blog sudah saya coba. Dan dari kegemaran otak-atik template blog itu jugalah yang mengantarkan saya tertarik untuk belajar coding membuat website. 

Dalam perjalanan ngeblog kemudian, karena tidak berhenti sama sekali ya dari tahun 2009 sampai sekarang, maka saya mengalami perkembangan tentang alasan mulai ngeblog. Bisa di lihat di gambar di atas. 

Perjalanan hidup saya pun bergulir, mulai dari curhatan ibu rumah tangga, lalu kembali kuliah lagi, belajar coding dan kemudian membangun pekerjaan saya sendiri dan startup Kelasku Digital. 

Beberapa acara dan program yang saya ikuti, saya simpan di blog. Sehingga ada rekam jejaknya. Ada dokumentasi yang Real Time ditulis sesuai dengan perasaan dan hal yang saya alami saat itu. 

Ada juga sih momen berhenti nulis di blog karena kuatir dengan komentar pembaca, terutama dari orang terdekat atau keluarga. Juga karena kesibukan dan banyaknya hal yang harus dipikirkan, misalnya selama ikut akademi coding di Apple Developer Academy. Saking sulitnya belajar codingnya itu, jadi ga ada tenaga lagi buat blogging walau banyak sekali cerita yang ingin dibagikan. 

Namun, selama suatu platform masih ada, maka blog dan tulisan kita akan selamat dan aman-aman saja. Dan semoga saja, blogspot sebagai platform blogger bawaan dari perusahaan raksasa Google ini akan aman sampai puluhan tahun ke depan. 

Jadi blog ini bisa jadi warisan yang bisa dibaca oleh anak cucu saya kelak. 


Dari cerita saya ini, sebenarnya, untuk pemula, tak usah terlalu risau dengan alasan ngeblog. Jika masih ingin berkenalan dengan platform blog, yang penting mulai ngeblog saja dulu. Tulis dulu. Rutin dulu. Lainnya bisa dipelajari kemudian. 

Akan tetapi jika sudah tahu banyak ilmu tentang blog yang terkait untuk bisnis, maka anda bisa mulai dengan tahap langkah yang berbeda. 

Selamat Ngeblog ya. Have fun. 


Tidak ada komentar

Thanks For Your Comment :)