Wajib Bawa 10 Barang Ini di Tas Saat Pandemi

Tidak ada komentar

Terkadang kita cuek saja hanya membawa dompet dan HP saat keluar rumah. Apalagi cuma sebentar. Tapi sekarang, jangan begitu lagi ya. Karena banyak tindakan pencegahan yang harus kita lakukan untuk menjaga diri sendiri sekaligus mencegah penyebaran virus terjadi. 



Dalam kondisi pandemi, harus makin siap membawa semua peralatan pribadi sendiri dan tidak memakai peralatan umum. Hal ini dilakukan untuk mencegah pertukaran droplet dan mencegah penyebaran virus Corona semakin luas. 

Membawa tas kecil mungil berseri, sepertinya tidak akan cukup ya. Mending kemana-mana bawa tas ransel kayak gitu. Yang isinya minimal ada:

  1. Hand sanitizer
  2. Tissue basah dan kering 
  3. Masker bersih cadangan
  4. Alat makan sendiri
  5. Alat sholat sendiri
  6. Air minum di botol
  7. Dompet
  8. Charger
  9. HP
  10. Kacamata 
Jangan lagi gegabah dan santai memakai mukenah, sarung dan sajadah yang ada di tempat umum. Kebayang jika ada droplet air ludah berisi virus nempel di mukenah, lalu lembab pula kondisi kainnya dan kemudian kita pakai. Bisa saja terjadi tuh virus pindah tempat nempel di tubuh kita. Apalagi pas sholat kan kita sering mengusap wajah, atau mengucek mata. Virus masuk ke selaput lendir, sudahlah fix itu masuk ke aliran darah juga nantinya. 

Jika tubuh lagi kebal, mungkin aman-aman saja. Tapi siapa tahu kita malah jadi pembawa virus itu dan menularkannya kepada mereka dengan kekebalan lebih lemah seperti ibu, bapak, nenek dan kakek. Jadi lebih baik berhati-hati. 

Begitu juga dengan tempat makan dan minum. Kalau bisa sih selalu membawa bekal makan dan minum sendiri dari rumah. Atau jika terpaksa, sedia saja jajanan dengan porsi bungkusan kecil sekali makan. Jadi tangan kita yang entah kadang lagi kotor atau tidak, dicegah untuk ribet memegang makanan yang banyak. 

Jika harus makan di tempat umum seperti warung, cafe, restoran, usahakan untuk bersih semaksimal mungkin. Mending cuci tangan dengan sabun sampai bersih lalu dikeringkan dengan tissue. Baru kemudian menyantap makanan dengan jarak tertentu pada orang lain. Nggak asik sih ya, tidak bisa bertukar lauk dan saling incip. Tapi demi kesehatan kan, ya jalani saja. 

Kebiasaan membawa masker bersih dan plastik pembungkus masker kotor pun harus semakin ditingkatkan. Jangan keluar rumah yang kira-kira lebih dari 4 jam hanya pakai satu masker saja. Karena akan basah, lembab dan sudah banyak terpapar udara luar untuk bagian masker depan. 

Repot, ribet banget kudu bawa ini itu di masa pandemi ini. Apalagi jika punya anak kecil ya. Tapi sekali lagi ini demi kebaikan bersama. Mending ribet di kala sehat daripada harus anteng diam tapi lagi sakit. Ga enak. 

Image credit: unsplash.com

Tidak ada komentar

Thanks For Your Comment :)