Navigation Menu

Koyo Demam, Pertolongan Pertama Untuk Si Kecil yang Panas

Sebagai orang tua, bunda tentu tidak ingin melihat si kecil sakit. Tetapi itulah proses perkembangan dirinya dimana mengalami sakit adalah hal yang wajar terjadi pada si kecil. Demam merupakan suatu kondisi dimana suhu tubuh lebih dari 370 C. Tubuh si kecil menjadi panas dan tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Apalagi jika si kecil sedang berada di masa emas pertumbuhan, keceriaan dan aktivitasnya tentu terganggu karena mengalami demam.

Selain sebuah penyakit, demam ternyata juga menjadi salah satu dari pertanda penyakit lain yang ada di dalam tubuh. Demam bisa menjadi reaksi atau sinyal bahwa tubuh sedang terserang virus yang bisa menyebabkan flu, batuk, pilek dan penyakit lain. Anak – anak yang masih kecil tentu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih rentan dari orang dewasa. Sehingga, jika demam terjadi, sebaiknya segera lakukan penanganan yang tepat.

koyo demam hansplast
credit: id.hansaplast.co.id

Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi demam pada si kecil :

1. Mengenali Gejala Demam 
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu mengetahui gejala yang terjadi. Misalnya seperti :
  • Mengeluh Pusing : selain demam, anak-anak biasanya juga akan mengalami pusing sebagai gejala lain yang terjadi. Karena suhu tubuh yang tinggi dan rasa panas di tubuh inilah yang menjadi penyebab anak-anak menjadi pusing.
  • Bernafas Menggunakan Mulut : Demam yang terjadi saat tubuh panas biasanya juga akan menyebabkan anak-anak sulit bernafas. Sehingga, mereka biasanya akan bernafas menggunakan mulut.
  • Wajah yang Berubah Menjadi Memerah : karena suhu tubuh yang dalam kondisi panas, bisa membuat wajah si kecil menjadi memerah.

2. Tidak Membiarkan Anak Menggunakan Pakaian Terlalu Banyak
Saat anak mengalami demam, suhu tubuh tentu berada di kondisi yang panas. Menggunakan jaket saat tubuh panas adalah sebuah mitos, maka bunda harus mengurangi penggunaan pakaian yang tidak perlu. Gunakan pakaian yang tipis dan ringan sehingga saat anak berkeringat, bunda dengan mudah bisa mengganti pakaian pada anak

3. Memberi Minum
Setelah memastikan anak menggunakan pakaian yang nyaman, selanjutnya berilah dia minum air putih yang cukup. Karena saat suhu tubuh panas, maka dehidrasi mudah terjadi. Suhu tubuh yang panas dan terus menerus dan berkeringat bisa menimbulkan kekurangan cairan atau dehidrasi.

4. Mengambil Tindakan Pertama
Setelah mengetahui gejala yang dialami, bunda tidak perlu bingung dan khawatir. Mengambil tindakan pertama yang tepat adalah penting. Jika biasanya bunda mengompres si kecil yang sedang demam, nah, kini bunda tidak perlu repot lagi. Bunda bisa menggunakan koyo demam sebagai solusi mengatasi panas pada anak. Sebaiknya bunda menghindari penggunaan obat karena lebih baik menggunakan koyo demam yang lebih praktis.

Nah, bagi bunda yang sedang mencari koyo demam dengan kualitas terbaik, Hansaplast solusinya. Koyo ini berbentuk seperti plester atau patch yang berbahan gel. Tak hanya itu, keunggulan lain dari koyo demam dari Hansaplast yaitu memberikan efek dingin yang bisa membantu menurunkan panas pada si kecil.


Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu :

1. Pastikan bagian dahi dalam keadaan bersih dari keringat sebelum koyo demam digunakan
2. Buka bagian lapisan plester kemudian tempelkan pada dahi anak
3. Penggunaan koyo demam tidak boleh lebih dari 8 jam sehingga harus dilakukan penggantian berkala

Koyo demam ini bisa digunakan oleh anak – anak mulai dari usia 1 tahun dan orang dewasa juga bisa memakainya. Untuk menjaga khasiatnya, simpanlah produk ini di suhu ruangan. Koyo ini hanya produk yang bisa digunakan untuk penggunaan luar dan tidak boleh ditempel di bagian kulit yang terluka. Agar efek dingin segera meresap, sebaiknya segera gunakan koyo sesaat setelah dibuka. Pemakaian harus dihentikan apabila terjadi reaksi seperti alergi dan munculnya kemerah – merahan. Produk ini tidak disarankan digunakan oleh ibu hamil. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah karena tersedia di apotek dan minimarket terdekat.