Membuat Desain Cantik Dengan Canva

Canva adalah aplikasi desain online yang bisa diakses gratis. Sudah digunakan oleh sejuta umat. Karena kemudahannya untuk membuat poster, slide presentasi dan terlebih lagi konten untuk media sosial.

Sudah tersedia beragam template yang tinggal diedit dan digunakan sesuai keperluan kita.

membuat desain dengan canva
Sekarang banyak elemen baru secakep ini......

Desain yang sudah jadi bisa diunduh sebagai file gambar (jpg dan png), atau file siap cetak dan e-book seperti pdf. 
Baru-baru ini, Canva membuat template baru berupa gif yaitu gambar bergerak dan bisa diunduh dalam bentuk file video mp4. 
Saya memakai Canva sudah bertahun-tahun lamanya. Tapi biasanya cuma mengedit template dengan mengganti gambar dan tulisan. 
Sekarang ini banyak postingan teman bermunculan yang menunjukkan bahwa kita bisa mendesain konten sendiri dari Canva, memanfaatkan elemen yang sudah disediakan. Cakep banget hasilnya. 
Karena penasaran, saya pun mencoba. 

Dan, beneran. Banyak sekali elemen baru yang disediakan oleh Canva. Kalau anda punya bakat dan minat atau keterampilan mendesain, akan bisa membuat konten yang bagus banget tinggal drag & drop. 
membuat desain dengan canva
nih hasilnya coba elemen baru

Karena saya ilmu desainnya cetek banget super banget, maka baru bisa membuat desain minimalis seperti contoh di atas. Tapi jika konsisten, akan terasah jugalah skill dan feeling desainnya. 
Tempo hari saya sempat ikutan teman-teman yang bekerja sebagai ilustrator atau desainer grafis. Saya pun penasaran pengen mencoba belajar menggambar seperti kedua anak saya itu. Mulai menggambar dengan photoshop di laptop atau di tablet smartphone. 
Saya ikutan menginstall aplikasi menggambar seperti Autodesk Sketchbook, Ibis Paint dan Medibang Paint. 
Tapi ya, belum ada jiwa menggambar, saya jadinya lebih banyak bengong aja gitu. Ga tau harus mulai dari mana nggambarnya. Dan menggambar apa. 
Maklum saja, pekerjaan saya lebih banyak menulisnya. 
Kalau dapat masalah begini, solusi paling mudah adalah menggunakan Canva ya. Karena belum siap juga untuk meng-hire ilustrator profesional. Maklum mamak-mamak freelancer yang kinerjanya tergantung pada stabilitas kondisi rumah tangga. *yang seprofesi dengan saya pasti can relate this hehehe
Kesimpulannya, ala saya, CANVA ini bisa diandalkan bagi kita yang ingin merapikan konten atau membuat desain dengan mudah. Syaratnya cuma satu. Harus ada akses internet. Karena canva hanya bisa digunakan secara online. 
Baik, ke depannya ada mainan baru nih, ndesain pakai Canva.
Selamat mencoba.