Hobi Fotografi Bisa Jadi Selebgram, Begini Caranya

Tuesday, June 06, 2017

Hobi Fotografi Bisa Jadi Selebgram. Pernyataan ini bener banget. Peluang usaha di era digital sekarang sangat terbuka lebar. Ibaratnya, hobi apapun bisa jadi duit. Asal tahu caranya.

Termasuk hobi difoto alias jadi model. Atau hobi memfoto, yang kalau ditekuni bisa jadi fotografer profesional. Nah, yang lebih menarik lagi, dari kedua profesi itu, dua-duanya bisa menjadi selebgram. Begini caranya:


ribuan follower selebgram dengan celebgramme

Selebgram diambil dari akronim dua kata "selebriti" dan "instagram". Maka, jika anda ingin jadi selebgram, tentu saja anda harus punya instagram. Kalau anda sudah eksis di media sosial lainnya, misalnya twitter, maka sebutan anda bukan selebgram, bisa jadi disebut selebtwit *LOL.

Mengapa harus di instagram? karena disanalah cikal bakal istilah selebgram ini muncul. Jika diartikan selebriti adalah orang yang banyak penggemarnya di dunia nyata. Maka selebgram adalah orang biasa (bukan artis) yang banyak penggemarnya di dunia maya. Penggemar di media sosial ini biasa kita sebut sebagai follower.

Seseorang bisa disebut selebgram sekaligus influencer jika followernya mencapai minimal 10-20 ribu. Itu minimal ya. Rata-rata selebgram sudah mempunyai ratusan ribu follower.  Bahkan jika sudah sangat terkenal, bisa mencapai jutaan follower.


Bagaimana Caranya Dapat Ribuan Follower?


Sebagai orang awam, tentu rasanya kelabakan memikirkan cara mendapatkan ribuan follower ya? *sama dengan saya :)

Akan tetapi, jika diamati dengan baik para selebgram itu mempunyai kelebihan yang patut kita ATM biar bisa seperti mereka. Di-ATM ? maksudnya kita bayar untuk jadi selebgram?

Bukan, bukan itu maksudnya. ATM disini adalah Amati - Tiru - Modifikasi. 

Amati instagram mereka. Kalau dilihat timeline postingan mereka, dijamin pasti kontennya menarik. Gambarnya cakep. Videonya keren. Captionnya relevan banget dengan kita. 

Jadi, kata kuncinya adalah Konten visual kita harus baguuus banget. Nggak cuma bagus ajah. Artinya, harus ada effort atau usaha lebih untuk membuat konten yang bagus. Mau tidak mau, konsep fotografi dan desain grafis harus kita kuasai biar foto yang kita hasilkan bisa menarik dan disukai banyak orang. Kalau anda punya modal lebih, bisa menggunakan jasa fotografer profesional.

Setelah mengamati dan meniru, jangan lupa untuk memodifikasi. Lebih baik kita tetap jadi diri sendiri. Punya style sendiri. Entah itu dari tulisan di caption postingan kita. Atau dari tone warna gambar yang dipilih. Juga karakter yang ingin kita tampilkan dari foto atau video yang akan kita sebarkan di akun instagram.

Misalnya, jika ingin dikenal sebagai selebgram yang unik dan cerdas. Bisa saja di semua postingan, selalu ada buku, sedang membaca buku, atau ngoding dan nguprek sesuatu di laboratorium pakai mikroskop. Unik, bisa diambil dari dandanan kita, atau sudut foto yang mau diambil.

Apakah menjadi selebgram harus memajang foto diri saja, seperti model gitu?
Ternyata nggak juga. Ada orang yang hobi fotografer, lalu memajang hasil fotonya, juga bisa jadi selebgram. Karena followernya banyak banget. Artinya foto hasil jepretannya disukai banyak orang.


Apa Sih Untungnya Jadi Selebgram?

Apa keuntungan jadi Selebgram? Kalau mau jujur, ya UUD. Alias Ujung Ujungnya Duit. 
Tapi kan itu nggak salah? karena kita dapat duitnya juga dengan cara halal. Asal syarat dan ketentuan berlaku. Artinya, foto dan video yang kita buat dan sebarkan di instagram itu yang baik-baik saja. Tidak melanggar syariat agama atau norma kesusilaan di masyarakat. 

Tapi kan, ada selebgram yang "kurang baik", malah terkenal banget tuh. Bisa dapat endorse dari barang  iklan ini itu. Mahal pula bayaran endorsannya.

Nah, walaupun sebagian besar penghasilan selebgram adalah menjadi endorser produk atau brand tertentu. Jika hanya semata untuk duit, trus menghalalkan segala cara. Menurut saya pribadi loh, kayaknya percuma saja.

Biar kata, kita bisa cepat kaya atau kaya mendadak. Belum tentu berkah hidupnya. Belum tentu tenang. Belum tentu bisa tidur nyenyak, makan enak dan menjaga nama baik orang tua. 

Ah sudahlah, pilih postingan yang baik-baik aja oke. 

Oke, kembali ke masalah keuntungan. Selain mendapatkan financial benefit dari pihak pemberi endorse, selebgram bisa mendapatkan keuntungan lainnya yang lebih long-term

Jika selebgram ini, terus menerus mengasah skill-nya dengan sungguh-sungguh. Misalnya skill fotografi atau skill model. Maka kelak mereka bisa menjadi fotografer profesional atau model profesional. 

Ditambah, akan muncul berbagai peluang kerja baru yang menghampiri. Misalnya menjadi narasumber talkshow, atau trainer workshop fotografi dan tips jadi selebgram. Kalau sudah jago banget skillnya atau networkingnya, malah bisa membuat 'sekolah" khusus. 

Jika selebgram sudah sampai bisa bikin "sekolahan" dan semacamnya, akan semakin banyak manfaat yang bisa dia sebarkan. Kabarnya, manusia terbaik itu kan yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain dan semesta ini. Setuju kan ya?

Inti dari semua ini adalah, apapun hobi kita, jika digeluti dengan tekun dan sungguh-sungguh, akan bisa menjadi jalan kita untuk bisa mandiri dan bermanfaat bagi orang lain.

Nah, jika anda suka banget difoto atau memfoto, ayo lanjutkan. Tekuni teknik keterampilannya. Bikin konten visual yang bagus dan posting di instagram. Lalu terapkan langkah-langkah optimasi instagram yang bisa anda pelajari sendiri dari internet sekarang.

Semoga sukses ya.


Salam,


Heni Prasetyorini


You Might Also Like

4 comments

  1. Asyiiikk, banyak belajar banyak cara untuk selebrasi UKM naik kelas.
    Trims...

    ReplyDelete
  2. Followerku baru seribuan lebih dikit nih. Harus berjuang keras dong kalau pingin jadi selebgram hehe

    ReplyDelete

Thanks For Your Comment :)

Sahabat

Twitter @HeniPR