Tips Dasar Menjadi Programmer Profesional

Monday, March 20, 2017

Tips Dasar Menjadi Programmer Profesional

Profesi programmer akhir-akhir ini makin dibutuhkan akibat dari perkembangan dunia teknologi yang makin melesat, khususnya di Indonesia. Lowongan pekerjaan yang mencari seorang programmer atau developer mendominasi situs-situs freelancer. Perusahaan-perusahaan teknologi kian bermunculan, akibatnya demand akan sumber daya programmer pun meningkat. Fenomena ini memberikan peluang besar terhadap para programmer maupun calon-calon programmer yang tengah mempersiapkan diri menjadi seorang pro. Hal ini terlihat dari jumlah peminat jurusan teknik informatika di beberapa kampus teknik informatika di Indonesia yang tak pernah turun, bahkan cenderung naik. Artikel berikut layak dibaca bagi Anda yang ingin menjadi seorang programmer. Entah Anda berniat menimba ilmu dengan berkuliah atau otodidak, Anda pasti bisa menjadi seorang programmer professional. Berikut ini tips nya :




1.    Pelajari dan kuasai ilmu-ilmu dasar pemrograman beserta konsepnya
Bagi Anda yang berstatus mahasiswa IT tentu ilmu-ilmu dasar pemrograman dan algoritma telah Anda dapat sejak semester pertama. Namun jika Anda belajar secara otodidak, banyak cara yang dapat dilakukan antara lain dengan membeli buku dasar-dasar pemrograman, membuka youtube, atau membaca blog tutorial pemrograman dan sebagainya. Apabila dasar-dasarnya telah Anda kuasai, Anda tidak akan menemui kesulitan ketika nantinya harus mempelajari bahasa pemrograman baru.

2.    Miliki spesialisasi bahasa pemrograman tertentu
Seorang programmer yang handal wajib menguasai 1 bahasa pemrograman ditambah dengan 1 atau 2 bahasa lain untuk menambah skill, seperti SQL, Java, Delphi, C++ dan lain sebagainya. Dengan fokus terhadap 2 atau 3 bahasa pemrograman maka Anda akan menjadi expert di bidang tersebut. Umumnya seorang newbie programmer dapat menguasai 1 bidang dalam waktu 1 tahun.

3.    Rutin melakukan koding
Practice makes perfect, slogan tersebut berlaku juga bagi para programmer. Anda harus sering ngoding agar skill pemrograman semakin terasah. Cobalah mengambil beberapa job kecil untuk semakin mengasah kemampuan. Atau jika Anda seorang mahasiswa di kampus teknik informatika, mintalah project kecil-kecilan ke dosen Anda sembari mengasah skill koding Anda.


4.    Kuasai desain menggunakan Photoshop atau lainnya
Ini penting bagi Anda yang ingin menjadi web programmer. Jika jiwa seni Anda kurang, tak mengapa, setidaknya amati dan pelajari desain web seperti apa yang banyak disukai orang.

5.    Promosikan diri Anda
Akan menjadi percuma jika kemampuan Anda sudah terasah namun dunia belum mengenal Anda. Oleh karena itu, promosikan diri Anda dengan berbagai cara. Anda dapat membuat website portofolio yang berisikan biodata, skill, serta semua hasil karya Anda; atau Anda dapat membuat blog (menggunakan Wordpress, Blogger atau lainnya) yang berisi artikel-artikel seputar keilmuan teknik informatika yang telah Anda kuasai, hitung-hitung Anda telah berbagi ilmu kepada masyarakat.

6.    Join grup atau komunitas programmer
Dengan menjadi bagian dari sebuah komunitas yang memiliki kesamaan hobi dan idealis maka semangat Anda untuk menjadi programmer profesional akan semakin tinggi. Terlebih lagi, Anda akan dapat bertukar pengalaman dan pikiran dengan teman-teman, yang mampu memperkaya pengetahuan Anda. bagi para mahasiswa hal ini tidaklah sulit, karena mereka otomatis telah memiliki banyak teman yang “senasib” di kampus teknik informatika tempat mereka menuntut ilmu IT.

Semoga 6 tips dasar tersebut dapat membantu Anda meraih cita-cita menjadi seorang programmer profesional.


You Might Also Like

0 comments

Thanks For Your Comment :)

Sahabat

Twitter @HeniPR