3 Tools Dari Google Yang Sangat Menarik Untuk Belajar Bersama Anak dan Murid Anda

Wednesday, August 24, 2016

Coba tanya ke Mbah Google...
Wah, kalimat ini so yesterday loh.
Karena, Google tidak hanya menyediakan mesin pencari. Yang bertugas untuk mencarikan segala jenis informasi yang kita butuhkan.

Sekarang, ada banyak sekali platform yang diusung oleh Google. Dan kabar baiknya lagi adalah aplikasi itu bisa sangat membantu proses belajar mengajar baik di rumah atau di sekolah.

 Projek Google For Edu, lah yang berjasa mengumpulkan aneka rupa platform yang bisa membantu anak mendapatkan wawasan, pengetahuan dan pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan bersama Google. Nah, saya share 3 tools dulu ya, lainnya menyusul nanti :)


1. Google World Wonder


Anak-anak dan murid kita bisa piknik keliling dunia, melalui Google World Wonder. Kita bisa mengunjungi Paris, melihat piramida di Mesir. Mengetahui kebudayaan negara lain melalui gambar, foto, video dengan di situs ini. Jalan-jalan gratisan modal internetan alias Virtual Field Trip ini bisa juga dilakukan di situs google lainnya yaitu, Google Map dan Google Lit Trips.

google tools




2. Google Hangouts

Google Hangouts adalah tools untuk merekam dan membuat percakapan jarak jauh dengan tampilan video seperti halnya skype (teleconference). Terdapat fitur yang bisa menyertakan sampai 100 orang dalam grup chat. Selain itu bisa digunakan untuk menelepon one-on-one calls. Juga membuat grup callas sampai 10 orang. Wah asik kan, kita bisa menelepon bergantian bersama 10 orang. 

Penggunaan untuk kelas belajar, misalnya guru membuat Webinar  dan  bisa mengundang tenaga ahli suatu subyek, contohnya antariksawan, yang sulit ditemui langsung. Dia ini diminta memberikan presentasi singkat melalui Hangouts.Tentu hal ini akan menarik sekali bagi anak-anak di rumah maupun di sekolah. 

asyiknya menyaksikan kelas belajar bersama antariksawan langsung dari dalam pesawat luar angkasa, seperti disini


Dengan diperbolehkannya 10 orang dalam Hangouts, satu presentasi bisa dibagi untuk 8 kelas lainnya secara bersamaan. Tentu saja, yang biasanya menjadi kendala adalah akses internet yang kurang bagus atau stabil di Indonesia. Tetapi jangan sedih juga. Karena guru bisa merekam presentasi tersebut, sehingga bisa digunakan kembali sebagai sumber belajar. Misalnya untuk konsep Flipped Classroom, after-class tutoring atau pekerjaan rumah. Sesi yang direkam akan otomatis terupload ke You Tube, sehingga akan lebih memudahkan akses lagi oleh murid di luar kelas. 


3. Google Drive


Google Drive ini adalah sejenis cloud computing andalan saya. Yaitu platform dari Google yang mempunyai banyak fitur. Selain untuk menyimpan data secara online. Google Drive juga menyediakan Google Doc untuk menulis dokumen. Google Slides untuk membuat slide presentasi. Google Form untuk membuat konten data atau formulir. Dan kesemua fitur itu bisa disimpan otomatis di google drive. Lalu bisa dibagikan dengan mudah. 

Hasil gambar
credit
Keunggulan Google Drive sejauh yang saya alami sendiri adalah bisa menyimpan file saya lebih fleksibel secara online. Jadi ketika saya butuh, segera bisa mengambil file itu, lalu mengunduhnya atau mengirimkannya melalui email kepada mereka yang membutuhkannya. Selain itu, dengan google drive kita bisa mengirimkan file berukuran besar. Yang kadang ditolak oleh Gmail. 

Dalam proses belajar mengajar, google drive bisa dilakukan untuk berbagai hal. Bisa untuk projek menulis secara kolaboratif. Jadi satu kelompok murid, ditugaskan menulis sebuah novel atau kumpulan cerita. Dengan satu akun google drive yang sama, anak bisa menulis melalui Google Doc dan disimpan lalu diedit secara online. Hal ini memberikan pengalaman belajar yang menarik untuk anak. 

Sewaktu PPL di Wonosalam, saya juga berbagi tentang google drive dan blog kepada guru Mtsn.

blog

Cerita lengkap berbagi tentang Google Drive bisa dibaca disini.

3 Tools dari Google ini, menarik sekali loh jika diterapkan untuk belajar bersama anak-anak di rumah, atau di sekolah. Selain itu juga bisa digunakan untuk memudahkan kerja kita sebagai blogger, guru, pegiat online atau siapapun yang memanfaatkan akses internet untuk belajar dan bekerja. 

Selamat mencoba 3 tools ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. 

Semoga berguna bagi nusa dan bangsa.
Salam,


Heni Prasetyorini.






You Might Also Like

1 comments

  1. Baru menggunakan google drive ajah, google hangouts itu ada si tablet aku, tapi ggtahu kegunaannya

    thanks Mbak buat infonya... nanti bisa coba-coba mengaksesnya :)

    ReplyDelete

Thanks For Your Comment :)

Sahabat

Twitter @HeniPR