Browsing Sambil Berdonasi di Geevv Com

Wednesday, January 24, 2018

Browsing sambil berdonasi? maksudnya gimana?
Ya, konsep ini menarik sekali. Ternyata ada sekelompok anak muda Indonesia yang membuat aplikasi mesin pencari, untuk dikolaborasikan dengan konsep sosial untuk berdonasi. Kok bisa? caranya bagaimana?

Nah, awalnya berita ini saya baca sekilas di satu grup komunitas kreatif di Surabaya yang saya ikuti. Kemudian berita yang sama muncul di televisi, walau sayang sekali saya hanya melihat sesi terakhir sebelum closing. Tapi keduanya mengangkat satu aplikasi yang sama, bernama GEEVV.

Anda bisa mulai mencari tahu dengan cara membuka browser di laptop, komputer atau smartphone. Bisa menggunakan browser: Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lainnya. Kebetulan di berbagai gawai saya terpasang browser yang sama, yaitu Google Chrome.

Di kolom url, tuliskan www.geevv.com . 
Nanti akan muncul tampilan seperti ini. 









Nah, GEEVV ini adalah semacam mesin pencari. Cara kerjanya seperti biasa saja, ketika kita ingin mencari informasi di google. kita tinggal mengetikkan kata kunci atau kalimat yang ingin dicari. Begitu juga di Geevv. Bedanya, disini ada hitungan poin dan rupiah yang menunjukkan seberapa banyak anda telah berdonasi.

Jadi secara sederhana, sistim kerja Geevv adalah, ketika anda BROWSING, otomatis anda akan BERDONASI. Artinya, setiap kata kunci yang kita cari dan kita ketik di kolom PENCARIAN, itu akan menambahkan poin jumlah rupiah dari akun kita. Jumlah ini akan didonasikan oleh pihak Geevv.

Contohnya seperti ini, saya sedang mencari informasi cara mendaur ulang diapers. Ini karena baru saja saya melihat berita di televisi bahwa bapak Gubernur Jatim dituntut warga karena sampah diapers di sungai Surabaya mencemari lingkungan.

Saya buka www.geevv.com.

Lalu mengetikkan how to recycle diapers  di kolom search.

Dan hasilnya adalah sebagai berikut :


Hasil browsing, menunjukkan beberapa link ke website terkait. Jika saya klik, akan mengarah ke website tersebut, seperti halnya prosedur browsing biasa di google dan search engine lainnya. 

Kalau anda amati lagi, ada link paling atas yang tidak ada kaitannya dengan kata kunci yang saya masukkan.
Ada tulisan Indonesia Berkurban bersama Global Qurban. Yang kalau diklik akhirnya mengarah ke website yang kalau diamati, ini maksudnya kayak iklan jualan. Dan itu memang benar. ada tulisan berwarna hijau kecil, yaitu Ad. Itu maksudnya link atas adalah iklan, atau Ad (advertising). Disinilah Geevv.com mencari dana untuk menjalankan aplikasinya. 

Kembali ke konsep Browsing sambil Berdonasi tadi, saya ingin membuktikan bahwa hal ini benar berjalan di aplikasi Geevv. Maka saya buka lagi laman www.geevv.com. Dan benar, semula poin donasi saya yang ada di pojok kanan atas hanya Nol Rupiah. Sekarang dengan sekali browsing, sudah bertambah 10 rupiah. Bayangkan jika saya yang memang kerjaannya butuh browsing bisa ratusan kali sehari. Maka sehari saya bisa berdonasi lebih dari 1000 rupiah. dalam satu bulan saya bisa berdonasi sebanyak 30.000 rupiah. Jika teman saya, sesama pegiat online di Surabaya, yang bekerja aktif di internet dengan mengandalkan mesin pencarian, ambil kata 100 orang saja. Maka dalam 1 bulan, kami semua bisa mendonasikan sejumlah 3.000.000 rupiah. 

Saya tak bisa membayangkan jika konsep aplikasi ini berhasil, maka bisa menjadi alat yang sangat efektif untuk berdonasi, mengumpulkan rupiah demi rupiah. Yang kemudian uangnya bisa dialokasikan menjadi projek yang sangat berguna baik di bidang kesehatan, pendidikan atau pemberdayaan ekonomi bangsa. 

Wah jadi pengen ketemu langsung para founder Geevv ini deh. Keren banget mereka. 

Ini kali keempat saya mencoba browsing dengan Geevv. Yang kali ketiga sempat berhenti karena aplikasinya sedang diperbaiki. Kalau diamati juga, memang masih ada kalimat BETA di dekat kolom pencarian. Itu artinya, aplikasi tersebut masih belum tuntas selesai. Masih ada trial dan revisi sana sini untuk menyempurnakan. Pembuat aplikasi biasanya ingin mendapatkan masukan dari pengguna, ketika sudah melaunching aplikasinya yang masih dalam taraf BETA. 
jadi BETA disini bukan maksudnya SAYA atau nama seorang Komika ya *LOL

Nah, supaya selanjutnya ketika saya browsing bisa lebih mudah menggunakan GEEVV, tanpa harus ketik www.geevv.com terus. Saya memilih untuk mentatur Geevv menjadi Default Browser. Maka saya klik PASANG, pada gambar seperti yang di atas kalimat ini. Kemudian kita akan diarahkan ke CHROME WEBSTORE (jika menggunakan browser google chrome). Atau itu TOKO APLIKASI di google chrome. 
Langsung saja klik icon biru yang ada tulisannya, TAMBAHKAN KE CHROME. 


Ikuti saja dengan tabah untuk proses instalasi selanjutnya. Kemudian akan muncul gambar seperti ini. Yang artinya untuk memastikan bahwa anda benar-benar akan memasang EKSTENSI GEEVV di browser chrome anda. Klik saja TAMBAHKAN EKSTENSI.


Awalnya akan muncul, Ekstensi anda akan ditambahkan. Kemudian kalimat ini hilang, dan muncullah otomatis LOGO GEEVV di sudut kanan atas browser. Seperti yang tampak di gambar di bawah ini ya. Yang saya lingkari warna merah. 


 Kalau sudah ada logo itu, maka Geevv terpasang sebagai ekstensi di chrome anda. Ketika anda membuka TAB BARU di browser, maka laman Geevv ini akan otomatis terbuka.  Dan selanjutnya anda tinggal browsing browsing browsing sambil menambah poin donasi anda.

Selamat mencoba ya. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

3 comments

  1. Disaat yahoo sudah gulung tikar, anak Indonesia ini berani membuat Search engine sendiri. good job

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, bukan buat search engine sendiri mas, seperti nya cuma numpang google ads aja.

      Delete
  2. Nyarinya / buka nya pakai google terus penjelasabya bgmn aku kok blm mudeng

    Kalau aplikasi langsung ke gevv
    Saya sangat menyukainya
    Mohon pencerahan ......

    ReplyDelete

Thanks For Your Comment :)