Sudah Daftar Writingthon ASIAN GAMES 2018? Berikut Trik Sukses Kompetisi Menulisnya

Monday, July 02, 2018



Tiga maskot ASIAN GAMES 2018 ini sedang eksis di mana-mana ya. Si Atung, si rusa Bawean, simbol dari kecepatan; Bhin Bhin si burung Cendrawasih yang merepresentasikan strategi dan Kaka, seekor badak bercula satu yang mewakili kekuatan

Mereka muncul dalam bentuk gambar di banner yang tersebar di pelosok negeri ini. Juga dalam bentuk merchandise seperti boneka, mug, tumblr, totebag, kaos, topi dan segala bentuk ready ware yang juga banyak di jual di marketplace online. 

Mudah bagi anak bangsa untuk ikut memeriahkan euforia atas terpilihnya INDONESIA sebagai TUAN RUMAH dari ajang bergengsi ASIAN GAMES 2018. Masing-masing ingin menunjukkan kemampuan dan kecintaanya dalam berbagai bentuk. Penyanyi macam Via Vallen pun mengajak orang berdendang melalui lagu resmi Asian Games. Tak ketinggalan juga wadah aspirasi para penulis untuk ikut memeriahkan momen ini dalam Kompetisi Menulis Marathon atau WRITINGTHON untuk BLOGGER dan Pelajar/Mahasiswa. Informasi lengkap tentang kompetisi ini bisa dilihat di laman http://bitread.id/asiangames/. Untuk singkatnya, akan saya sajikan ringkasannya dalam bentuk FAQ, seperti berikut ini. 


APA ITU WRITINGTHON (WRITING-MARATHON) ?

Sebuah event kepenulisan yang terinspirasi dari Hackaton (Hacking-Marathon). Para peserta akan dikarantina dan diberikan tantangan kepenulisan. Output dari program ini ialah buku yang disusun secara kolektif oleh para peserta Writingthon. 

Siapa Saja Yang Boleh Ikut?
Untuk kali ini, yang boleh ikut adalah Blogger dan Pelajar

Kalau lolos, lalu bagaimana?
Peserta terpilih harus mengikuti karantina selama 3 hari untuk mengumpulkan materi tulisan dan menulis secara marathon buku yang akan dihasilkan di akhir kompetisi. 

Apakah tersedia penginapan dan biaya transportasi?
Iya dan juga ada hadiahnya. Untuk detilnya bisa ditanyakan langsung ke pihak Bitread. 

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  1. Peserta mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan link url karya melalui bitread.id/asiangames yang telah disediakan.
  2. Panitia akan melakukan seleksi naskah dan menentukan 34 peserta terpilih.
  3. Pengumuman seleksi akan disampaikan melalui media sosial dan surel.
  4. Peserta yang terpilih dalam kegiatan Writingthon berhak mendapat hadiah, piagam, bukti terbit, transportasi, dan akomodasi
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bagaimana agar bisa lolos ikut writingthon?
Jawaban utamanya adalah pelajari dengan detil syarat-syarat yang diajukan dari pihak penyelenggara yaitu Bitread. Baca baik-baik, dan penuhi tiap poin yang harus dipenuhi. 

UNTUK BLOGGER


Contohnya syarat untuk peserta Blogger adalah sebagai berikut:


  1. Peserta adalah seorang blogger.
  2. Peserta wajib mempublikasikan tulisan di blog engine apa pun, baik TLD maupun non-TLD.
  3. Peserta wajib follow akun media sosial BITREAD dan KOMINFO
  4. Tulisan yang diikutsertakan merupakan karya asli, belum pernah dipublikasikan, dan tidak mengandung SARA.
  5. Tulisan ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  6. Artikel ditulis dengan gaya feature ringan, tetapi tetap memperhatikan kualitas informasi yang disampaikan, panjang artikel maksimal 1000 kata, dapat disertai ilustrasi berupa foto atau grafis.
  7. Tulisan harus memiliki backlink ke dukungbersama.id dan indonesiabaik.id 

    Apa yang dimaksud dengan backlink?
    Backlink adalah link yang mengarah pada sebuah situs web dari situs/web lainnya. Dengan kata lain, backlink adalah sebuah tautan link yang disematkan dalam tulisan kita pada sebuah keyword tertentu atau dapat juga langsung ditampilkan URLnya.

    Cara mengaplikasikan keyword dan backlink dukung bersama dan Indonesia baik adalah sbb:
    1. Pada keyword dukung bersama atau asian games 2018 sisipkan hyperlink ke URL http://dukungbersama.id
    2. Pada keyword Indonesia sisipkan hyperlink ke URL https://indonesiabaik.id

  8. Tulisan harus mengandung keyword "dukung", "bersama", "Asian Games 2018"
  9. Tulisan yang telah dipublikasikan wajib dibagikan dan/atau diviralkan di media sosial dengan tagar #dukungbersama #asiangames2018
  10. Tulisan yang diikutsertakan dalam kompetisi merupakan tanggung jawab peserta. Panitia tidak melayani segala bentuk tuntutan dari pihak mana pun sehubungan dengan objek gambar atau tulisan peserta.
  11. Peserta wajib mengikuti karantina.
  12. Penilaian didasarkan pada kualitas karya dan traffic.


Bagaimana agar blogger bisa lolos?
1. Tulisannya tentu harus sesuai dengan materi
2. Isi blognya menarik sehingga menarik traffic yang tinggi, atau artikel itu telah dibaca bahkan di share kembali oleh banyak orang. 
3. Syarat tulisannya telah dibagikan di media sosial pribadi, seperti facebook, twitter, linkendin, instagram, google plus, telah dilakukan dan dengan tagar # yang benar. 
4. Agar tidak ada masalah dengan objek gambar dan sebagainya, jika anda memasukkan gambar dari website lain, sertakan juga credit yang menunjukkan tautan asli dari sumber gambar tersebut. Jika gambar di buat sendiri, atau di foto sendiri, maka berikan tanda sebagai dokpri atau dokumen pribadi.
5. Jangan sekali-kali melakukan plagiasi atau copy paste tulisan orang lain di website/blog orang ke blog pribadi. Karena hari gini, mudah sekali untuk menelusurinya. Malu banget kalau ketauan nyontek atau copas tulisan orang lah ya...
6. Keyword atau kata kunci yang diwajibkan, harus ada dan benar. Juga backlink yang menyertai keyword juga harus benar. 

Syarat untuk blogger lebih banyak, detil dan rumit ya, itu biasa saja di dunia perbloggingan ya. Jika kurang jelas, silahkan tanya-tanya ke saya juga boleh. Bisa langsung saja ke email: heni.prasetyorini@gmail.com. 

Kebetulan saya termasuk 10 peserta yang lolos di kompetisi Writingthon #1.

Baca di: 


UNTUK PELAJAR

Nah sebaliknya untuk Pelajar/Mahasiswa, syaratnya lebih mudah. Tinggal menulis saja sebaik-baiknya, lalu publikasikan tulisan di Facebook pribadinya masing-masing. Bisa di Status Facebook atau khusus tulis di bagian NOTE. Sudah tahu kan?
Kalau belum tahu, email saya juga deh ya atau kirim inbox di facebook saya, Heni Prasetyorini. Nanti saya pandu langsung di facebook. 


  1. Peserta yang mengikuti Writingthon berstatus sebagai pelajar SMA/SMK/Mahasiswa.
  2. Artikel ditulis dengan gaya feature ringan, tetapi tetap memperhatikan kualitas informasi yang disampaikan (panjang artikel 1000-1500 kata, dapat disertai ilustrasi berupa foto atau grafis).
  3. Peserta dianjurkan untuk memublikasikan karya yang diikutsertakan dalam kompetisi di Facebook pribadi kemudian membagikannya dengan tagar #dukungbersama #asiangames2018.
  4. Tulisan yang diikutsertakan merupakan karya asli dan belum pernah dipublikasikan.
  5. Tulisan yang diikutsertakan tidak mengandung SARA.
  6. Tulisan yang diikutsertakan dalam kompetensi merupakan tanggung jawab peserta. Panitia tidak melayani segala bentuk tuntutan dari pihak mana pun sehubungan dengan objek gambar atau tulisan peserta.
  7. Peserta wajib mengikuti karantina Writingthon.

Tulisan seperti apa yang bisa lolos ke Writingthon?
Nah ini rada tricky ya menjawabnya. Karena penilaian pasti disesuaikan dengan tema yang diberikan.
Jangan sampai tulisannya melenceng jauh dari tema.

Tema untuk blogger: Dukung Bersama Asian Games dari Daerahku
Nah, kalau tema seperti ini, masukkan gegap gempitanya acara atau banner atau baliho atau lomba terkait tingkat RT, RW, desa atau Kecamatan daerah tempat tinggalmu, atau tempat kelahiranmu itu untuk mendukung Asian Games.
Semakin real atau nyata isi ceritanya, beritanya faktual dan juga fotonya nyata, maka potensi berhasil makin besar.

Jangan sampai misalnya, anda tinggal di Nganjuk, KTP Nganjuk, domisili Nganjuk, lalu menceritakan euforia di Jakarta dan fotonya ngambil doang dari Google. Ya mungkin nggak akan menarik.

Begitu juga untuk pelajar.
Tema untuk pelajar/mahasiswa: Aku Bangga Indonesia Sebagai Tuan Rumah Asian Games
Nah kalau ini adalah opini pribadi masing-masing penulis. Tunjukkan kalau anda bangga, kenapa bangga dan bagaimana menunjukkan kebanggaan itu. Wujudkan dalam bentuk tulisan atau gambar dan juga video jika bisa untuk melengkapi tulisan.

Aksi lucu-lucuan dengan teman sekelas, bisa juga loh. Mungkin bikin vlog singkat antara 3 maskot Asian Games. Atau nyanyi bareng ala Via Vallen. Apa aja deh, kalau pelajar makin kreatif kan seharusnya.

Kalau tulisan mbak Heni dulu seperti apa?
Nah, waktu saya ikut itu temanya tentang sains dan teknologi. Tugas audisi pertama adalah menulis profil seorang ilmuwan.
Bisa dibaca di sini ya,
Evvy Kartini Ingin Indonesia Memproduksi Baterai Ramah Lingkungan

Oke, beberapa trik sudah disebutkan. Sekarang silahkan menulis dan langsung upload hasil menulisnya di BLOG, Facebook, Twitter, dll sesuai syarat yang berlaku. Jika masih bingung, silahkan tanya ke Bitread . Semoga SUKSES!

You Might Also Like

11 comments

  1. Masuk sepuluh besar hadiahnya apa?
    Yang disebutnya kan total nya saja, jadi gak jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya dulu dapat hadiah uang mbak, sepertinya juga sama. Bisa dikroscek di Bitread ya

      Delete
  2. Aku ragu nih ingin ikut lomba ini. Baca ini kok jadi ingin ikut yaaaa.....

    ReplyDelete
  3. Keren! Ada kontes menulis marathon juga untuk menghadapi Asian Games. Hadiahnya pun cetar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalau lolos, marathonnya ngumpulin materi di seputaran Asian Games loh mbak. Asik kali aja ketemu para atlit langsung

      Delete
  4. Pengen ikut tapi gak sempat2 deh

    ReplyDelete
  5. waah lomba blog yang bikin mupeng hadiahnya,ayo pemburu lomba blog semangat mengikuti, aku jadi pompom eudoria asean games dan bangga banget nih jadi tuan rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hebat ya kita...Indonesia prok prok prok
      semoga lancar aman

      Delete
  6. pengen ikut, tapi belum ada ide :)

    ReplyDelete

Thanks For Your Comment :)