Ayo Pakai Catfiz! Aplikasi Messenger Buatan Arek Surabaya Yang Sudah Mendunia

Monday, September 05, 2016

sebel banget!Aku baru saja mengomeli temanku, yang nyebarin nomer WA-ku tanpa ijin.
Status fesbuk seorang teman ini kemarin saya baca di timeline.
Memang bener ya, sebel  juga jika mendadak kita masuk ke sebuah grup messenger tanpa diberitahu sebelumnya. Tapi, ya mau bagaimana lagi, sistim aplikasi messenger berlogo warna hijau itu, memang seperti itu. Kita tinggal pake, ya kudu nerima.

Saya pikir semua aplikasi messenger tidak ada bedanya.
Tapi ketika saya mengikuti Bekraf Developer Day di Surabaya, saya dapat kabar gembira.
Ternyata beberapa arek Surabaya, alumni ITS, sudah membuat produk messenger  CATFIZ.
Salah satu keunggulannya adalah mengatasi masalah seperti yang dialami teman saya itu.

Aplikasi messenger bernama Catfiz ini punya history yang unik dan lucu.
Dari slentingan cerita beberapa teman sih, katanya founder messenger ini sempat tertohok dengan teman sealumninya yang sukses jadi pedagang ikan lele.
Sebagai programmer mereka tersengat juga, "kok dia bisa sukses jualan lele, kita juga dong sukses bikin sesuatu".
Nah, dipilihlah membuat aplikasi messenger dengan nama Catfiz yang diambil dari kata "cat fish" alias ikan lele.
logo Catfiz messenger

Kalau diperhatikan, logo Catfiz ini, sekilas mirip sungut ikan lele ya? *LOL
Nah, waktu di acara Bekraf Developer Day itu, ditayangkan video singkat ini. Lagi lagi, lucu banget jalan ceritanya. Dengan insight sederhana, ditunjukkan bahwa Catfiz messenger itu merakyat dan menghubungkan semua rakyat dengan mudahnya. Ya..seperti filosofi Ikan lele.
Ikan lele bisa hidup dengan mudah di mana saja, berkembang biak dengan mudah dan cepat pula.




----

Catfiz Jadi Messenger Keluargaku

Tanpa babibubebo saya unduh dan install aplikasi messenger Catfiz  ini.
Untuk mencobanya, saya melakukan hal yang sama di tablet android anak saya.
Eh, akhirnya keterusan.
Untuk berkomunikasi dengan anak, saya lebih asik memakai catfiz ini.
Selain cepet sampainya, juga lucu iconnya.
Plus masih sepi dari serbuan grup alumni atau komunitas :).

Ini nih, buktinya:


Anak saya cowok semua. Karakternya cowok biasanya nulisnya pendek-pendek. Kadang cuma Y dan OK. Maka fitur QUOTE MESSAGE itu sangat membantu saya menjawab chat dari anak, dan bikin ga salah paham. Seperti ini:



Indonesia is Texting Paradise

Indonesia itu surganya orang yang suka mengirimkan pesan teks juga update status. Maka membuat aplikasi messenger berbasis text, akan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Membuat startup di bidang ini, akan tepat sasaran dan bisa berjalan juga secara bisnis. Pilihan founder Catfiz membuat aplikasi messenger ini, cocok sekali dengan karakter orang Indonesia.

Semakin hari, kita makin jarang menelepon. Komunikasi semakin banyak dengan cara menulis pesan atau texting. Menyediakan aplikasi messenger yang sesuai dengan kebutuhan dan kebudayaan bangsa sendiri, sepertinya bisa dibilang kewajiban ya. Dan Catfiz menjawab kewajiban itu. 


live tweet saya tentang Catfiz 

Fitur Catfiz Hebat, Unik dan Berbudaya

Catfiz adalah messenger yang ringan tapi hebat, diramu dengan unik berupa gabungan antara instant messaging, interaksi sosial media, streaming multimedia dan layanan cloud storage.

Dari portal ID Tech in Asia, yang membahas aplikasi ini, disebutkan bahwa Catfiz ingin mengedepankan budaya timur. Yaitu adanya ijin dan sopan santun. Berikut yang disampaikan oleh 
Mochammad Arfan Direktur Utama Catfiz di portal tersebut:

Yang artinya, segala tindakan dalam aplikasi Catfiz ini harus seijin pemilik akun.
Bahkan Catfiz sangat menjaga privacy. Penerimaan pertemanan atau masuk dalam komunitas, harus dalam kendali pemilik akun pribadi.  Hal ini sangat berguna terutama untuk grup di perusahaan. Privacy akan lebih terjaga. Karena privacy dan keunikannya ini, Catfiz telah digunakan lebih dari 70 komunitas dari seluruh Indonesia.Dengan total member lebih dari 2 juta yang selalu aktif mengadakan kegiatan di daerahnya dan setia menggunakan aplikasi ini.

Untuk fitur sinkronisasi kontak, saya jabarkan sedikit dari blog Catfiz.

pada update versi 2.2 ini, sinkronisasi kontak, pengidentifikasian user menggunakan no. telepon, anda sekarang dapat memperoleh rekomendasi teman berdasarkan address book pada ponsel anda
Selain untuk mendapatkan teman secara mudah dengan no. telepon, no. telepon juga digunakan untuk pengidentifikasian user saat masuk kedalam aplikasi catfiz. Namun saat anda tidak terhubung dengan no.telepon anda, anda juga disediakan fitur login melalui email. Untuk itu saat mendaftar di rekomendasikan untuk melengkapi akun anda khususnya email.

Anda pun bisa memberikan pesan kepada akun yang terdapat pada saran pertemanan anda tanpa terlebih dahulu berteman. Namun jangan mengharapkan fitur yang lengkap dengan percakapan itu, tanpa berteman anda tidak bisa menggunakan fitur stiker maupun mendapatkan status pengiriman pesan.



Untuk lebih lengkapnya, saya sajikan fitur lengkap dari messenger Catfiz dari sumbernya

Anda dapat chat / berinteraksi dengan teman dan memberikan ekspresi yang lebih dalam berkomunikasi seperti berkomentar di status teman, mengutip komentar mereka, dan memberi ‘like’. Anda hanya mendapatkan fitur interaksi ini di sosial media, namun Catfiz menyediakan untuk anda dengan sangat mudah. Meskipun begitu Catfiz tetap mengutamakan privasi dengan tidak membagikan nomor telfon kepada yang tidak terdapat di daftar kontak phonebook.

Jika anda enggan memainkan video atau audio yang anda terima karena ukurannya. Jika anda tidak ingin mendownload seluruh file hanya untuk melihat isinya. Dengan Catfiz, anda langsung dapat memainkan file video atau audio tanpa download terlebih dulu. Anda dapat memainkan dari depan, tengah atau di akhir file, langsung tanpa download. Fitur ini dapat menghemat paket data anda atau mempercepat anda mengetahui isi file multimedia tsb.
Seluruh file yang beredar baik di percakapan pribadi maupun grup sudah siap untuk diteruskan !!!. Tanpa perlu anda melakukan upload lagi. Lebih jauh lagi, jika ada tidak ingin mendownload file-file besar terlebih dahulu, anda masih dapat meneruskan hanya dengan sekali sentuh. Ini seperti anda memiliki deretan file yg ada di percakapan dalam sebuah Cloud storage. Hanya link yang anda bagikan.



Jika selama ini anda kesulitan mengirim file besar secara langsung kepada teman dan ingin mereka membukanya secara langsung juga, Catfiz adalah jawabannya. Untuk kebutuhan anda yang lebih besar, seperti berbagi file mutlimedia, dokumen atau file apapun, anda bebas mengirim sampai dengan 500 MB. Tidak dibutuhkan proses tambahan seperti cloud storage eksternal. Tidak perlu memecah / memotong file besar anda menjadi beberapa bagian seperti layaknya messenger lain atau email. Mudah, sederhana tapi sangat berguna.


Untuk anda dan teman-teman yang ingin berkomunikasi dalam sebuah grup dengan jumlah anggota yang besar, Catfiz cocok untuk anda. Sangat berguna untuk Organisasi besar, Kantor, Alumni, Komunitas, atau kumpulan pertemanan.

Fitur ini adalah daftar kumpulan aktifitas teman-teman sehubungan dengan status yang mereka buat dan gambar profil yang dipajang. Ini adalah kombinasi dengan gaya timeline. Anda dapat melihat-lihat, memberi komentar, like, melihat profil atau langsung chat dengan teman bilamana dirasa menarik untuk langsung berkomunikasi.


Saya Paling Suka Fitur Streaming, Grup Besar & Fizzlink


Streaming.  Adanya fitur ini, tidak memakan jatah memory di gadget. Hape nggak bakal nge-hang karena penuh dengan file foto, audio atau video yang harus kita unduh dulu sebelum bisa mengaksesnya seperti di aplikasi messenger yang saya gunakan sebelumnya.

Grup Besar. Sewaktu talkshow di acara Bekraf Developer Day tempo hari, founder Catfiz menyampaikan bahwa mereka berinisiatif untuk  membina komunitas pengguna Catfiz juga. Jadi founder akan aktif berinteraksi dengan penggunanya.Nah, secara saya juga lagi aktif ingin sharing knowledge dengan sesama perempuan tentang teknologi, maka saya buat akun komunitas Akademi Prasetyorini.

Saya berharap banget, komunitas belajar khusus perempuan ini bisa semakin berkembang luas dari waktu ke waktu. Saya bermisi ingin menghapuskan imej bahwa perempuan itu selalu gaptek. Dengan tagline "Perempuan Harus Melek Teknologi", saya dan beberapa teman alumni Coding Mum Surabaya dan yang se-frekuensi, akan terus membagi ilmu dan semangat kami di bidang teknologi digital kreatif. Dari kelas blogging, coding, digital writing, digital learning dan digitalpreneur, kami akan berkenalan, berteman dan belajar bersama. Menjadi patner dalam pemberdayaan perempuan melalui teknologi, adalah keinginan terbesar kami. 

Akun Komunitas Akademi Prasetyorini

Fizzlink Memudahkan saya berbagi file kepada teman atau komunitas. 
Fitur ini mirip aplikasi menyimpan data di 'awan" atau Cloud Computing seperti yang biasanya dipakai, yaitu Google Drive, Dropbox atau Evernote.
Fizzlink bisa menyimpan file kita sampai 500MB[ini gede loh], secara temporary sehingga proses berbagi file kita bisa lebih cepat. 

klik Profil kita, maka akan muncul fitur Fizzlink

klik fitur Fizzlink, lalu klik tanda + , dan tambahkan file dari gadget anda

Saya, sebagai penggemar ebook, baik menulis, mengunduh atau membaginya, jadi girang dan terbantu dengan fitur Fizzlink ini. 
Kok ya kepikiraaan para developernya messenger Catfiz ini yaa, juara dah.

Saat presentasi di acara Bekraf Developer Day kemarin,
disebutkan mayoritas pengguna chat Catfiz buatan PT. DUNIACATFISH KREATIF MEDIA
ini malah kebanyakan dari luar negeri.

Loh kan, loh kan ya...gituu terus ya......!!!!

Artinya, aplikasi yang bagus malah terkenal di luar negeri dan tidak dikenal di negerinya sendiri. Eman eman alias sayang sekali.
Kita mengabaikan aplikasi buatan anak negeri yang bisa sangat membantu kehidupan kita lebih mudah lagi. 

Dengan aplikasi messenger Catfiz, saya yakin banget, bisa makin nyaman, leluasa sekaligus mudah berkomunikasi dengan siapa pun. Terlebih Catfiz ini buatan saudara sebangsa dan setanah air.

doc. Cak Samsul SCCF

Developer messenger Catfiz sangat terbuka dengan masukan dari usernya. Saya pun sempat tanya ini itu kepada pak Aryo. Alhamdulillah beliau welcome banget dengan masukan ini itu saya, walau kesannya membombardir , *ngapunten nggih pak :)


Sungguh niat saya bukannya membanding-bandingkan messenger Catfiz dengan aplikasi chatting lainnya yang sudah lebih dulu eksis. Saya ingin mengeksplorasi fitur yang ada, dan memberitahukan kebutuhan saya sebagai user.

Syukurlah niat saya ini ternyata sudah menjadi konsep pengembangan messenger Catfiz ini.

Seperti halnya yang dituliskan di blog Catfiz, bahwa:
Segala upaya kami maksimalkan untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam berkomunikasi di catfiz. Untuk itu kami selalu mengkoreksi desain, maupun memperbaiki segala error yang ada, namun banyaknya fitur di catfiz memungkinkan kami terlambat menemukan error tersebut sehingga untuk itu kami merasa senang jika para user mengirimkan keluhan terkait bug, error atau masukan-masukan ide kepada kami. Karena dari awal memang catfiz dirancang oleh masukan-masukan para user kreatif, dan itu tetap kami pertahankan sampai sekarang. 
Beberapa perbaikan fitur kali ini terkait voice, fizzlink, perbaikan login user dan masih banyak yang lainnya, silahkan berexplorasi dengan Catfiz Messenger v.2.2 rasakan sensasi nikmatnya bermessenger ^_^.
Sekian informasi rilis catfiz v.2.2, dukung terus Catfiz Messenger dengan Komentar & Rate Bintang 5  di Playstore serta jangan lupa beritahu kami tentang keluhan, error, bug maupun ide-ide yang anda temukan untuk perbaikan & peningkatan fitur di update selanjutnya melalui support@catfiz.com
Nah, asik kan kalau kita menggunakan aplikasi digital yang nyaman dipakainya, sekaligus bisa berinteraksi akrab dengan developer aplikasinya, seperti keluarga sendiri.

OK.
Kalau begitu, 
apakah anda sudah menginstall aplikasi messenger Catfiz ?
Trus, apa nama username-mu di Catfiz?


Salam
- Heni Prasetyorini -






You Might Also Like

0 comments

Thanks For Your Comment :)

Sahabat

Twitter @HeniPR