Cara Menggunakan Google Meet

Sabtu, 9 Mei 2020 jam 9 pagi sampai 12 siang. Saya membuat kelas online AYO BERMAIN CODING untuk anak-anak. Nonstop 3 jam tanpa jeda dengan video meeting menggunakan GOOGLE MEET. [note: Ayo Bermain Coding bisa diakses informasinya di: kids.kelaskudigital.com]

Seneng banget deh. Kemarin kalau pakai zoom versi gratisan, tiap 40 menit udah keputus dan harus share link baru lagi. 

Keuntungan Menggunakan Google Meet


Yang makin menyenangkan adalah, dengan GOOGLE MEET, saya bisa bertukar layar alias gantian SHARE SCREEN dengan anak-anak. 

Mereka juga mudah saja saya minta untuk Share Screen karena button mudah dicari. 
Dengan cara ini saya bisa mengecek cara layar laptop anak-anak, apakah belajarnya sudah bener atau belum.

Nah yang belum tahu alasan kenapa saya heppi banget bisa pakai Google Meet. Itu karena dulu, nih platform hanya bisa diakses oleh mereka yang sudah terdaftar akun G Suite. Yaitu sekolah resmi atau akun bisnis. Ya, untuk versi premium berbayar atau murni pendidikan tapi terdaftar negara. 

Demi mendapatkan akses video meeting tanpa jeda, sebelumnya saya pakai Google Hangout. Cuma di sini, tidak bisa share screen kecuali host atau pembuat clasroom meetingnya. Terbatas gitu yang bisa dilakukan oleh host. 

Alhamdulillah, Google Meet yang fiturnya lengkap, tiba-tiba diumumkan akan digratiskan untuk semua orang. Tentu melonjak gembira saya :)







Keuntungan membuat seminar atau kelas online dengan Google Meet adalah:
  • bisa diakses di semua gadget baik itu laptop dan hape
  • tidak perlu mengunduh dan menginstall apapun di laptop. Untuk di HP sebaiknya install saja biar lebih nyaman menggunakannnya. Walau bisa juga menggunakan browser bawaan HP. 
  • bisa digunakan untuk 250 orang. Berbeda dengan google Hangout biasa dan free yang terbatas 10 orang saja
  • bisa saling berbagi layar atau share screen baik itu host meeting atau peserta. Ini sangat membantu bagi kelas online yang butuh praktek seperti kelas blogging, coding, menggambar, dll. 
  • yang pasti adalah GRATIS tanpa terbatas waktu. Sudah dicoba 3 jam kelas online nonstop tidak ada jeda sama sekali bisa. Berbeda dengan beberapa platform video meeting gratis lain yang terbatas 40 menit.
  • aman dan ini sudah dijamin oleh Google, perusahaan yang lebih lama dan mapan.

Cara Menggunakan Google Meet


Sedangkan cara untuk menggunakan Google Meet ini bisa di simak di video berikut:




Google juga membuat cheatsheet pemakaian Google Meet. Seperti ini:

sumber bisa diakses di sini:




Tidak ada komentar

Thanks For Your Comment :)