Kamu Wajib Tahu! Ini Dia Jenis-Jenis Meja Kerja Kantor dan Kriterianya


Meja kerja kantor merupakan perlengkapan kantor yang sangat penting karena peranannya sebagai penunjang produktivitas kerja karyawan. Dewasa ini, meja kerja kantor pun bermunculan dengan beragam jenis dan desain yang sangat apik.

Namun, tahukah Anda?
Jika meja kerja kantor memiliki peranan dan fungsi yang berbeda setiap modelnya, loh. Maka dari itu, penempatan meja dalam ruangan kantor tidak bisa sembarangan. Alih-alih mampu menunjang kinerja karyawan, pemilihan meja kerja kantor yang salah akan membuat karyawan Anda merasa tidak nyaman.

Meja model ini cocok untuk kantor anda?


Nah, untuk Anda yang masih belum paham dan merasa bingung, yuk simak ulasannya tentang jenis meja kerja kantor serta peranannya di bawah ini.

1. Meja kerja kantor untuk karyawan/staff
Pada umumnya, meja yang diperuntukan untuk karyawan/staff memiliki banyak sekali jenisnya. Dari meja dengan desain tanpa laci hingga meja yang mempunyai laci atau papan untuk tempat keyboard komputer.

Namun, untuk memudahkan memilih meja mana yang paling cocok, sangat disarankan bagi Anda memilih meja disesuaikan dengan kondisi ruangan, banyak staff, dan kebutuhan.

Misalnya, untuk banyak karyawan, Anda bisa memilih meja dengan kubikel-kubikel dan untuk karyawan yang menggunakan komputer Anda bisa membeli meja yang memiliki papan keyboard untuk memudahkan karyawan Anda dalam bekerja.

2. Meja kerja kantor untuk direksi
Untuk jenis meja kerja kantor untuk redaksi ini memiliki perbedaan dengan meja kerja kantor untuk karyawan/staff. Biasanya, meja kerja kantor untuk direksi biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan tebal juga memiliki laci-laci yang dapat digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting agar aman.

Desainnya juga lebih modern, dipelintir dengan apik hampir mirip dengan meja untuk pimpinan.

3. Meja kerja kantor untuk resepsionis
Meja kerja kantor untuk resepsionis mempunyai desain yang cukup besar juga lebar. Hal ini diperuntukan untuk beberapa staff resepsionis agar merasa nyaman saat bekerja dan tidak kesempitan.

Sedangkan desainnya yang dibuat tinggi itu bertujuan memberi batasan antara staff kantor dan orang asing yang datang.

4. Meja kerja kantor untuk rapat
Nah, ini adalah jenis meja terakhir yang wajib banget dimiliki oleh sebuah kantor. Yup. Meja kerja kantor yang digunakan untuk rapat. Meja kerja kantor jenis ini dibuat dengan ukuran yang cukup besar. Biasanya berbentuk oval atau lingkaran dengan jajaran kursi yang cukup banyak guna menampung staff yang berpartisipasi dalam rapat.


Nah, setelah mengetahui jenis meja kerja kantor, rasanya kurang afdol jika ingin langsung membelinya, tetapi belum tahu bagaimana kriteria meja kerja kantor yang bagus. Buat Anda yang mau tahu, berikut kriteria sebagai acuan untuk membeli meja kerja kantor.


  1. Jangan pilih meja dengan permukaan mengkilap. Kenapa? Karena permukaan meja yang mengilap dapat mengganggu kinerja karyawan terutama bagian penglihatan akibat cahaya yang dipantulkannya dari cahaya lampu pada ruangan.
  2. Jangan membeli meja kerja kantor dengan ukuran yang berlebihan. Lain kebutuhan, lain pula yang harus dibeli. Meja kerja kantor tak bisa disamakan begitu saja antara jabatan yang satu dan yang lainnya. Jadi, belilah sesuai kebutuhan dan sesuaikan dengan tempat yang nantinya digunakan untuk meletakkan meja.
  3. Pilihlah meja kerja kantor dengan desain terbuka bagian bawah. Kenapa? Karena hal ini mampu menyirkulasi udara dengan baik hingga karyawan/staf merasa nyaman dengan meja kerjanya.


Nah, setelah mengetahui jenis meja kerja kantor, kegunaan, dan kriteria. Rasanya, Anda yang hendak membeli meja kerja kantor tak akan keliru lagi.