Inspirasi Dari Blind Blogger

Tuesday, January 31, 2017

Sewaktu mbak Anne Regee - punggawanya Female Geek PHP Indonesia menceritakan keberhasilannya mencetak Blind Coder, yaitu web designer dari kalangan teman difabel yang tuna netra atau low vision, di hati saya sudah terbesit, bagaimana jika semakin banyak juga BLIND BLOGGER

Coba kita lihat video ini.  Video profil seorang beauty blogger yang mengalami low vision. Namanya Emily Davison. Sejak lahir dia sudah mengalami kelainan di mata yang menyebabkannya menjadi tunanetra alias blind people. Emily menjadi blogger profesional di bidang kecantikan, dan mencatat kinerjanya di blog https://fashioneyesta.com/.






Aplikasi Komputer  Untuk Blind People

Blogger yang tunanetra, memang bagi kita yang awam kedengarannya mustahil. Tapi ternyata tidak juga. Kita saja yang belum atau jarang mendengar mereka. Dan bahkan sama sekali tidak pernah bertemu merekaPertanyaan akan muncul. Bagaimana caranya penyandang tuna netra menggunakan fasilitas internet, sementara mereka tidak dapat melihat? Ternyata ketika membaca atau menulis teks di laptop maupun di ponsel, terdapat aplikasi pengubah teks menjadi bahasa lisan.  Aplikasi atau software ini disebut JAWS (JobAccess With Speech).   


BLIND BLOGGER INDONESIA BERPRESTASI

Salah satu Blogger Tunanetra Indonesia yang berprestasi adalah DIMAS. Pria kelahiran 14 Agustus 1988 ini merupakan seorang seorang penulis, blogger, penerjemah, dan aktivis. Dimas aktif sekali dan juga berwirausaha, karena ingin membangun kemandirian kaum tuna netra lewat karya dengan memanfaatkan fasilitas internet.



sumber video disini 



Satu lagi Blind Blogger yang menginspirasi: Maxwell Ivey


di http://theblindblogger.net/


Mungkin bagi kita, menjadi blogger adalah untuk aktualisasi diri atau bekerja menjemput rejeki. that's it. Tapi untuk orang seperti Emily ini, dia menjadi blogger karena ingin mengubah persepsi orang kepada dirinya dan kepada orang lain yang mengalami hal yang sama dengannya. Humanity reason. How about us?

Jika ingin tahu daftar nama blogger yang punya difabilitas dari segi penglihatan di luar negeri, anda bisa membuka link http://www.whitestick.co.uk/blogs.html .



Saya sangat terinspirasi Beauty Blogger yang tunanetra di atas. Terbayang bagaimana usahanya memenuhi jiwanya dengan melakukan sesuatu yang ia sukai, yaitu fashion, walaupun dia tidak bisa melihat baju, aksesoris dan hasil make up yang ia gunakan. Akan tetapi dia merasakan melalui kulit, bau, dan kebesaran hatinya.

Senyumnya yang begitu teduh dan manis, membuat saya malu sendiri. Betapa mudah saya menyerah dengan keterbatasan fisik saya sebagai perempuan. Dan sepertinya itu juga dialami oleh banyak orang. Jadi teman, sekarang mau tunggu apa lagi? segera saja lakukan hal baik untuk sebanyak mungkin orang dan alam semesta.  Yang pastinya akan berbalik memberikan kebaikan juga bagi kita sendiri. Apapun kondisi kita sekarang ini.


Bagaimana? terinspirasi juga?


Mungkin next, untuk para blogger, kita perlu mempelajari bagaimana membuat ARTIKEL BLOG yang ramah untuk BLIND PEOPLE. Misalnya banyak video bersuara, membuat rekaman suara di Soundcloud atau podcast, dan membuat tulisan yang mudah dibaca oleh aplikasi JAWS di komputer mereka. Artinya kudu berbahasa Inggris ya sepertinya? :)


I hope someday I can meet some of blind blogger or blind coder.

And say a big thank you and support for them.


Semoga artikel saya bermanfaat ya,


Heni Prasetyorini



You Might Also Like

8 comments

  1. Iiih keren banget, baru tau ada blind blogger. Respect buat mereka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terharu sekaligus tersengat ya mbak Lulu :)

      Delete
  2. Blind coder tunet? Wow.. hebat banget, Mbak... Blogger tuna netra juga, hebat menginspirasi orang2. Kayak komunitas Kartunet ya, kalo di Indonesia? Saya inget, dulu alm. Taufik Savalas sampai tersentuh sama foundernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, web designer tuna netra sudah ada. kata mbak Ane malah, daya tangkap mereka 7 kali lebih kuat ketika belajar coding dengan suara

      Delete
  3. Woow, keren mbak. nginspirasi banget merekanya...


    see me on nopipon(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, makasih dah mampir ya. nanti bakal bw balik mbak Novia :)

      Delete
  4. Wah.., luar biasa ya, ketika keterbatasan itu tidak dijadikan alasan untuk berkarya, semua bisa dilakukan jika ada niat dan passion di dalam hati. Sepertinya benar2 menjadi motivasi buat aku supaya lebih giat lagi nge-blognya! Terima kasih sharing informasinya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari semangat ngisi blognya dengan hal yang bikin semangat dan produktif

      Delete

Thanks For Your Comment :)

Sahabat

Twitter @HeniPR