Redesign Template Blogspot Responsive Bisa Jadi Peluang Bisnis Baru

Friday, August 05, 2016

Creativity is inventing, experimenting, growing, taking risks, breaking rules, making mistakes and having fun. - Mary Lou Cook.

Pagi tadi, saya menemukan peluang bisnis baru di dunia digital kreatif. Yaitu membuka jasa mengganti template blogspot yang semula statis, menjadi dinamis (responsive).
Atau bisa disebut jasa REDESIGN TEMPLATE BLOGSPOT RESPONSIVE.
Tanpa menunggu waktu lama, saya segera membuat bannernya. 'Grab the moment' ini namanya prends :) .

redesign template responsive

Saya menggunakan aplikasi canva.com untuk membuat banner ini. Sebagai pelengkap, saya membuat juga versi bahasa Indonesianya. Supaya mudah dimengerti :)

redesign template blogspot responsive



Template responsive adalah template yang bisa berubah bentuk secara "otomatis" ketika blog di buka melalui komputer/laptop, tablet dan smartphone. Otomatis maksudnya, tampilan blog kita, menyesuaikan bentuk dan ukuran layar gadget yang digunakan. Tentu saja otomatis ini bukan sulap, melainkan memang sudah diatur kode html-nya supaya responsive.
Tampilan blog responsive. Perhatikan perbedaan tampilan blog di ketiga gadget diatas

Keuntungan menggunakan platform blogspot untuk nge-blog adalah banyak sekali template responsive gratisan yang bisa didonlot. Dan kita bisa memasangnya secara gratis juga di blogspot. Coba ketik saja di google: Free Download Responsive Blogger Template. Maka akan bermunculan banyak situs yang menawarkan template tersebut.

Setelah kita mendapatkan template yang diinginkan, kita tinggal mengunduhnya, dan memasukkannya ke dalam template blog kita. Tantangannya adalah, kita harus mau otak-otak kode html template, untuk menyesuaikan hasil akhir template kita itu.

Ada beberapa hal yang biasanya harus diubah:
  1. Header
  2. Nama menu navigasi seperti About, Contact, Accessories, News, dll yang harus disesuaikan dengan tema blog kita. Tidak mungkin kita biarkan Menu Accessories ada di blog kita tentang Parenting misalnya. 
  3. Pengaturan Widget. Seringnya beberapa widget hilang dan harus kita pasang ulang.
  4. Foto profile yang mungkin harus diubah dengan meng-copas url image dari web tertentu.
  5. Lay Out blog yang biasanya jadi dobel atau jadi standar 
  6. Dan beberapa penyesuaian lainnya. 
Akan bisa menjadi nilai tambah jika kita juga menguasai sedikit skill desain grafis. Sehingga bisa membuat Header, Avatar dan Icon yang lain daripada yang lain. Blog makin unik dan cantik.

Membuat gambar digital (desain grafis) ini bisa dengan tools gratisan seperti canva.com atau picsart di smartpone. Yang penting tekun dan telaten berlatih.

Sejak pertama ngeblog, tahun 2009-an di Blog Heni Prasetyorini saya sudah hobi otak-atik template. Kalau sedang "kumat gilanya", sehari saya bisa ganti template blog sampai 3 kali. Lengkap dengan segala pernak-pernik membenahi widget dan lain-lainnya. Makin galau, makin gencar saya ngotak-atik templatenya, bisa sampai jam 2 pagi!

Sampai sekarang pun hobi saya itu belum hilang. Malah makin terarah sejak saya mengikuti kelas belajar pemrograman front end dan web design di Coding Mum Surabaya.

Sayangnya, di Coding Mum, saya belajar kode HTML, CSS dan JAVASCRIPT yang lebih cocok digunakan untuk platform wordpress atau hosting berbayar. Sedangkan saya sudah bertahun-tahun terbiasa menggunakan platform Blogspot yang menggunakan kode XML. Beda kode :)

Walau skill coding saya terbatas, dan jika anda mengalami hal yang sama, jangan sedih. Peluang bisnis menerima jasa re-design template khusus blogspot menjadi responsive masih terbuka lebar. Karena tidak semua blogger mempunyai cukup waktu luang untuk mengganti template blog mereka. Apalagi jika sudah jadi mastah blogger atau seleb-blog, pasti sibuk. Jadi, kita yang ngerjain :)

Hal ini terbukti tadi siang. Orderan dan respon calon klien redesign template, sudah masuk ke inbox saya. Tidak sampai satu jam dari saya tawarkan jasa itu di status facebook. Sesaat setelah saya selesai me-redesign 2 blog seorang crafter doodle.


Kreativitas dengan bumbu bonek, bisa membuka banyak peluang untuk berwirausaha. Tuh kan, dari ngeblog saja, bisa membuka peluang bisnis baru. Asal kita jeli menangkapnya. Selamat berdigital kreatif.

*bonek = bondo nekad = modal nekad [dalam versi yang positif dan bermanfaat tentunya] :) 


Semoga menginspirasi.

-Heni Prasetyorini -
Ingin ngobrol langsung dengan saya? silahkan mention ke twitter @HeniPR atau Facebook





You Might Also Like

0 comments

Thanks For Your Comment :)

Sahabat

Twitter @HeniPR