Pengalaman Ikut Google Cloud Next 2017

Monday, May 08, 2017


Google Cloud Next 2017 itu cuma ngobrolin tentang google drive, pikir saya gitu awalnya. Kan judulnya ada "cloud"nya. Jadi dengan pede saya ikut daftar acara ini. Dan yakin bakal mudeng. Secara saya dengan google drive seperti bunga dan kumbangnya, selalu bersama. Eaa..


Ternyata eh ternyata, tidak sekedar itu. Intinya, ketakutan salah satu teman blogger saya terjawab sih. Katanya, mbak Heni aku ingin ikutan acara itu tapi takut plongah-plongoh alias gak paham. Dan itu saya alami sendiri.

Google Cloud ternyata gak sekedar nyimpen data segede gambar, tulisan dan video editan kita gaes. Tapi ada ukuran cloud yang jauh lebih besar, dan diperuntukkan bagi para programmer. Terutama untuk yang bikin game atau aplikasi berbasis android yang bisa di-publish di Google Play Store.



foto-foto lengkap bisa dilihat di instagram @heniprasetyorini

Acaranya cukup padat merayap. Para narasumber, MC dan pesertanya mayoritas programmer. Yaiyalah masak foodblogger. Yang menyenangkan adalah beberapa narasumbernya adalah perempuan.

Bukan maksud mengusung isu genre atau feminitas ya. Saya mudah terpesona kalau ada perempuan pinter suatu bidang, trus bisa sharing dengan cas-cis-cus-nya di depan orang banyak. Mulai dari narasumber pertama yang bicara tentang Admob untuk monetizing game atau software produksi kita. Sampai pada yang bicara tentang Internet of Things yang kalem dan manteb gitu ceritanya dia bikin alarm rumah yang bisa dikendalikan melalui smartphone.

Waktu itu, saya duduk bersebelahan dengan bu Farida, salah satu dosen informatika di universitas swasta di Surabaya. Karena dekat beliau, jadi saya bisa rada mudeng dikit jika ada yang lewat dari pemantauan saya selama ini.

Fiuh..namanya acara developer, ya mbahas coding dikit dikit lah. Atau bahasanya sekitar itu lah. Yang bisa saya tangkap sebagai orang awam adalah, ternyata produk google itu nggak cuma bisa dipakai untuk googling.

Google nggak cuma Google

Google menerapkan sistim kerja berbasis komunitas dengan dibuatnya GDG (Google Developer Group) yang dikelola di tiap kota besar. Dari GDG ini, google mengembangkan produknya atau aplikasinya melibatkan developer (programmer) lokal. 

Ide ini keren banget deh menurut saya. Membuat manusia terlibat itu bisa menciptakan keterikatan yang kuat dan malah everlasting untuk menggunakan suatu produk tertentu.

Ya, begitulah sedikit sharing pengalaman saya ikutan Google Cloud Next 2017 di Surabaya. Cukup menambah wawasan tentang dunia teknologi. 

Apakah teman-teman ada yang pernah ikutan?

You Might Also Like

4 comments

  1. Wow keren banget acaranya. Yang lebih keren dapat kaosnya juga wehehe..

    ReplyDelete
  2. beluuum pernah ikutaaaan... ajak - ajak dong :)

    ReplyDelete

Thanks For Your Comment :)

Sahabat

Twitter @HeniPR