Booster Startup Lokal di Program Startup Weekend Surabaya

Thursday, March 30, 2017

Pada suatu hari, kakak ipar saya cerita. Dia gemes dengan Bagas, anak bungsunya yang nggak jelas kalau ngirim chat. Suatu saat, si Bagas ini nulis chat ke ibunya, "bu, pulang".

Kakak ipar saya pikir, saat itu Bagas sudah dalam perjalanan pulang. Sudah naik angkot menuju rumahnya. Ternyata sampai 2 jam kemudian Bagas belum sampai di rumah. Setelah diklarifikasi, ternyata Bagas nulis chat itu maksudnya, jam sekolahnya sudah bubar, sudah waktunya pulang, tapi dia mau main dulu di sekolahan. Main sepak bola bareng temannya.

Waktu itu kami semua ngakak. Ya emang lucu. Dan mengalami juga. Namanya anak cowok, males banget nulis chat panjang-panjang. 

Langsung juga terbesit di kepala ini, gimana kalau ada aplikasi yang bisa dipasang di hape (app) yang memudahkan komunikasi antara anak dan orang tua, atau antara istri dan suami. Gimana kalau app itu, langsung saja ada button bertuliskan "aku pulang" lalu ada pilihan " 30 menit lagi, 1 jam lagi, dst". 

Kok pake suami dan istri?
Ya,saya ngalami sendiri tuh yaa. Suami yang males banget  nulis chat ke istrinya. Akhirnya istri dag dig dug mikirin ada apa kok telat pulang? ndilalah ban bocor di jalan, atau emang keluar kantor udah lewat maghrib karena ada meeting mendadak.

Coba kalau ada aplikasi yang tinggal klik, klik, nggak usah ngetik. Mungkin aplikasinya bisa dinamakan KABARI :)

Nah, apa yang terbesit di kepala saya itu bisa masuk kategori IDE STARTUP

Kalau teman-teman juga punya kegelisahan akan sesuatu dan ingin mencari solusinya dengan membuat sesuatu, sekarang ada program yang memfasilitasi hal tersebut. Namanya STARTUP WEEKEND. 

Apa Itu Startup Weekend?

Startup Weekend (SW) adalah sebuah program untuk entrepreneur yang ingin belajar mengembangkan sebuah startup dalam waktu 54 jam di akhir pekan. Dengan mengikuti program ini, berarti kita bisa menjadi sebuah bagian ekosistem startup besar di dunia. Saat ini sudah lebih di 140 negara di dunia menjalankan program ini. Bisa disebut sebuah platform yang paling efektif untuk menumbuhkan bisnis baru dari dasar, yang berjalan selama akhir pekan. SW didesain untuk bisa dieksekusi secara cepat.

Di Startup Weekend, developer, business manager, startup enthusiast, marketing guru, graphic designer, dan semua yang memiliki semangat pembuat perubahan, datang bersama untuk membawa ide mereka menjadi sebuah aksi. Mereka "pitch" ide untuk sebuah startup baru, membentuk tim, bekerja bersama memvalidasi ide, dan meluncurkan startup mereka dalam waktu 54 jam.





Startup Weekend Surabaya

Startup Weekend Surabaya pertama kali dihelat tahun 2016 lalu untuk memupuk entrepreneurship lokal untuk kemudian memperkuat komunitas dan ekosistem lokal.

Gambaran kegiatan SWSUB sebelumnya. Asik banget kan?

Startup Weekend Surabaya  (SWSUB) yang ketiga akan diadakan pada tanggal 21-23 April 2017.

Kali ini temanya adalah "LOCAL DEVELOPMENT", dengan maksud mengembangkan ekosistem lokal untuk memaksimalkan potensi lokal. Diharapkan dari Surabaya dan sekitarnya, bisa saling bahu-membahu membantu sesama startup menemukan jalan untuk sukses bersama.


Di acara SWSUB ini, kita bisa: 
  • mencari feedback ide, 
  • mencari mentor
  • mencari co founder
  • mencari pengalaman 
  • membentuk tim untuk mengeksekusi ide startup
  • dan yang pasti membangun networking yang bagus

Startup Weekend Surabaya dapat memberi kita sebuah lingkungan yang cocok untuk menguji ide awal dan menjadi langkah pertama untuk memulai startup kalian. Para mentor yang diundang akan mencoba membantu menggali ide dalm tim yang akan dibentuk nanti, menjadi konsep yang lebih dalam dan mencoba memecahkan masalah yang mungkin akan muncul.

Tiket early bird sudah berjalan, pastikan untuk mendapatkannya sebelum tanggal 31 Maret 2017



Acara ini untuk siapa saja, untuk yang pernah ikut atau baru, bergabunglah dan menjadi bagian dari acara yang extraordinary


Berikut para Juri dan Fasilitator, yang termasuk para pakar di bidangnya:


Juri

Bambang Susilo - Ecosystem Builder Endeavor Indonesia
Retno Dewanti - Fenox VC

Mentor

Zainal Arifin - Co Founder Andromedia
Imam Muttaqin - CIO GNFI
Yusuf Kurniawan - CEO Meeber
Yoza Aprilio - CIO Dicoding
Danton Prabawanto - CEO Beon
Adhicipta Wirawan - CEO Mechanimotion
Leonika Sari Njoto - CEO Reblood
Evilita - CEO Ojesy
Reza Zamir - Marketing Director Ojesy

Fasilitator

Adryan Hafizh - CEO Kolaborasi

Hadiah?

- Ngantor gratis di SUB Co
- Domain .co gratis setahun
appear.in selama 6 bulan
- Google Cloud Platform $300 of credit
- Vimeo 15% off of Vimeo Business accounts

Dan yang paling menarik adalah juara 1, 2, dan 3 akan secara otomatis dapat hadir di Scale-up Clinic Endeavor di Jakarta dimana biasanya untuk bisa hadir disana dikurasi terlebih dahulu.


Jadi, tunggu apa lagi?
Mau kalian anak IT atau bukan, boleh gabung.
Mahasiswa atau masih anak SMK, juga boleh ikutan.
Ibu rumah tangga pun boleh. Siapa tau idenya lebih dahsyat dan aplikatif.

Apalagi mengusung tema LOCAL DEVELOPMENT. 
Yang artinya, ide apapun yang bisa mengangkat potensi lokal daerah kita masing-masing, akan lebih "eye catching" di mata juri. Dan biasanya ini ide sederhana yang langsung bisa dipraktekkan loh.

Oke, tunggu apa lagi, daftar sekarang




You Might Also Like

2 comments

  1. Dari dulu pengen bisa gabung sama startup hybrid. Pengen belajar banyak buu :D

    ReplyDelete
  2. Kereeeen. Saya ada ide juga sih, tapi gak yakin bagus juga. Sekarang banyak bgt startup yg kece2. priceza.co.id punya fitur bandingin harga barang. Hmmm keren!

    ReplyDelete

Thanks For Your Comment :)

Sahabat

Twitter @HeniPR