Belajar di Universitas di Jakarta Pusat? Tentukan Tujuan Akademikmu

Tuesday, March 28, 2017

Kebanyakan orang bakal mengalami dilema ketika harus memilih satu kampus di antara sekian banyak pilihan universitas di Jakarta Pusat. Akan tetapi permasalah yang terbesar bukan hanya soal memilih kampus, namun juga menentukan tujuan akademik. Ketika sedang berpikir ingin kuliah di mana, seseorang juga bisa mulai menentukan tujuan, atau untuk apa saya kuliah. Bila di masa depan ingin menjadi seorang pebisnis, misalnya, maka tentu saja Anda mesti menimba ilmu di kampus ekonomi. Lalu bila di masa depan ingin menjadi seorang dosen, maka sebaiknya Anda berkuliah sambil menimba hubungan baik dengan dosen. Akan tetapi ini hanya satu contoh dari sekian banyak contoh yang berkaitan dengan tujuan akademik.



Dengan demikian, kuliah di universitas di Jakarta Pusat bukan berarti hanya soal lulus dan memperoleh nilai IPK yang baik atau memperoleh predikat magna cum laude. Anda juga harus menentukan tujuan akademik sendiri. Lalu bagaimana menentukan tujuan akademik yang realistis?

1.       Tentukan secara spesifik
Tujuan yang realistis adalah tujuan yang dilakukan secara spesifik. Artinya Anda harus tahu dengan jelas jalan yang mesti ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Lebih jauh lagi, menentukan tujuan secara spesifik juga mampu memberikan motivasi, dan pada gilirannya akan membantu Anda ketika ingin menggapainya.
Tentukan tujuan yang spesifik dengan bertanya pekerjaan macam apa yang paling disukai dan diinginkan. Misalnya bila kelak ketika lulus Anda ingin menjadi musisi, maka tentukan apa saja yang harus dipelajari dan pilih universitas yang memang tepat untuk itu.

2.        Memikirkan tujuan
Anggaplah Anda sudah tahu apa yang paling diingkan, langkah selanjutnya adalah merumuskannya. Misalnya bila Anda ingin belajar menjadi pebisnis yang baik, maka definisikan apa itu pebisnis yang baik dan seperti apa pebisnis yang baik itu. Anda bisa saja memikirkan lebih dari satu tujuan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

3.       Menentukan langkah untuk mencapai tujuan
Ini lebih terkait dengan bagaimana Anda mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Di titik ini Anda perlu merumuskan rencana tindakan. Bila ingin menjadi ahli bahasa Inggris, Anda bisa kuliah di jurusan Bahasa Inggris di Universitas di Jakarta Pusat dan belajar memahami teori bahasa. Dan langkah berikutnya adalah melamar di institusi yang paling tepat untuk mewadahi tujuan Anda itu, ketika lulus kelak. 

You Might Also Like

1 comments

  1. Awlnya pas ikut SBMPTN mau ambil jurusan PSSI (Informatika)karena emang condong ke jangka panjang stlah lulus nnti, klo aja lolos jga sih tesnya. wkwk, tapi ga taunya malah ga lolos, hiks...
    Tapi stlah nyari kerjaan, alhamdulillah ga jauh beda2 sama keinginanku yg sejurus dg komputeran, hhee

    ReplyDelete

Thanks For Your Comment :)

Sahabat

Twitter @HeniPR