Cara Termudah Memperpendek Link Tulisan URL Menjadi bit.ly

Tidak ada komentar
"eh rek, cara ngubah url jadi pendek kayak bit.ly/...... itu gimana sih?"
Sebenarnya sudah lama sekali saya penasaran, bagaimana bisa link tulisan kita di blog atau website hasil browsing itu kalau di share di status fesbuk, bisa jadi singkat aja, seperti ada tulisan bit.ly/.... . Biasanya juga saya langsung aja browsing ke Google, cari tahu caranya. Entah kok lupaa melulu dan saat itu spontan saya bertanya setelah melihat url link pendek milik orang lewat di timeline fb saya.

Nah, pas kemarin saya coba tanya ke teman di grup blogger. Ehh, malah pada ngikik semua. Dikirain saya cuma guyonan, cuma ngetes teman-teman dengan pertanyaan itu. Hihihi, saya juga ikutan ngikik.

"hei rek, pencitraanku luar biasa pinter ya? wong nanya beneran kok dikira nguji"

Dengan nada bercanda, saya balas lagi komentar teman-teman yang mengira saya semacam dosen penguji para blogger. Saya ngikik juga sendirian di rumah. Mekar juga nih hidung dikira udah jadi mastah antah berantah :D. Dah saya mah, kalau nggak ngerti juga nanya. Profesor juga kalau nggak ngerti cara bikin blog, juga nanya kok. Saya bikinin malahan blognya, :D :D

Baiklah cukup intermezonya.
Alhamdulillah, ternyata teman blogger saya itu pada baeeekkk semua. Walaupun pada sahut-sahutan komentar, tetep aja juga diajarin sayanya.

Jadi, memperpendek url link itu bisa dengan membuka website bit.ly

Caranya mudah banget kawan-kawan. Kita masuk saja ke website bit.ly.  
Atau ketikkan bit.ly di kolom address dan tekan enter.
Nanti akan muncul tampilan berikut, lalu masukkan link yang akan diperpendek.




url pendek :  enak dilihat, mudah di share di sosmed




Nah, alhamdulillah, udah tahu deh caranya memperpendek link artikel. Saya coba langsung bikin status di fesbuk. mau bikin storytelling di status, jadi enak nyisipkan linknya yang udah dipendekin jadi bit.ly itu tadi. Kalau nanti di share di twitter juga nggak menghabiskan jatah 140 karakter. Cuma ya nggak bisa otomatis share seperti biasa. Kita harus mampir ke website bitly.com dulu, ubah url jadi pendek, copy url baru deh siap disisipkan.

Semoga tips blogging yang sederhana ini bisa berguna bagi nusa dan bangsa ya .. :)

Salam,

Heni Prasetyorini


Tidak ada komentar

Thanks For Your Comment :)