Biar Data Hosting Nggak Cepet Penuh, Compress Ukuran Gambar Dengan TinyPNG

Thursday, September 29, 2016

"aku harus resize foto dulu mbak, biar blogspot nggak gampang penuh"
Eh..bener juga ya kata teman saya sang beauty blogger ini. Waktu itu kami ngobrol tentang kebiasaan ngeblog itu dimana? saya jawab, kalau emak-emak kayak saya gini ya biasa ngeblog pakai hp aja. Atau tablet 7 inch yang sekaligus saya jadikan hape gitu.

Kenapa?
Ya biar praktis aja. Saya potoin subjek materi ngeblog. Diedit pake PicsArt. Langsung buka browser. Buka blogger.com. Yasudah, isilah kolom postingan disitu. Saya ngeblog pake hape, di waktu senggang yang saya bisa. Kadang sambil nungguin mesin cuci selesai bekerja. Kadang di pelataran parkiran sekolahan sambil nunggu anak saya keluar dari sekolah. Atau sambil njagain ponakan saya di rumah adek. Apapun lah, pokoknya ada waktu senggang.

Nah, teman saya itu bilang, kalau dia harus pakai laptop ketika ngeblog. Karena dia sukanya mengedit gambar di photoshop sekaligus meresize ukuran gambarnya biar nggak terlalu gede. Karena sebagai pengguna hosting gratisan dari blogspot, kita kudu irit jatah kb yang disediakan oleh blogspot.

Saya coba cek ukuran gambar hasil memotret menggunakan kamera tab, eh bener gede ukurannya, hampir 1 MB. Kalau langsung dimasukkan ke blog, bisa-bisa penuh deh. Tapii, saya juga belum bisa kalau dikit-dikit kudu buka laptop. Maklum urusan emak-emak itu banyak bookk...

Untung saja saya nemu ini nih, TinyPNG.Com

Mudahnya Compress Foto Dengan TinyPNG.Com



tinggal buka saja www.tinypng.com lalu masukkan file gambar dan klik tinypng. Nanti otomatis, ukuran gambar akan di compress oleh si panda imut itu. Setelah selesai, gambar bisa diunduh atau disimpan di dropbox. Aman kan.


Saya coba cara ini di tablet smartphone saya, juga bisa. Nah, enak nih, urusan ngeblog makin mudah. Jatah hosting dari blogspot juga nggak cepet penuh karena kita keliru ngisi gambar berukuran besar. 

Semoga tutorial blog sederhana ini bisa bermanfaat bagi nusa dan bangsa ya..
Salam,

Heni Prasetyorini

You Might Also Like

5 comments

  1. Mba boleh tahu jatah kb yg disediakan blogspot? Maklum saya suka pake gambar yang gede2, biasanya pake url pihak ke 3 semacam flickr

    ReplyDelete
    Replies
    1. jatah per akun google sebenarnya 1 Gb untuk gambar mbak Fika. Namun jika sudah penuh, bisa menggunakan google drive dengan jatah maksinal 15 GB.
      Nah, cara mbak Fika udah bener tuh, pakai pihak ke-3 kayak Flickr atau Picasa, jadi lebih hemat data.

      Delete
  2. Ooh.. saya baru tahu kl kb kita dijatah ya. Ya ampyun... jangan2 selama ini saya boros banget😣 makasih infonya mbak. Bermanfaat sekali ini...

    ReplyDelete
  3. wah baru tau ternyata dijatah nice info mba :) salam kenal

    ReplyDelete
  4. Aku paling sering ngeblog dan ngerjain kerjaan lain pake smartphone. Karena kalo buka laptop/nyalain kompi lamanyoo (jadul) dah gitu bisa rebutan sama krucils.

    Nah untuk foto kalau pas ga banyak dan internet ga asik, aku langsung masukin aja. Tapi kalo pas internet bagus dan fotonya banyak, aku biasa resize dulu.
    Terakhir donlot aplikasi resize di smartphone. Mempermudah bangeeet! Heheheh..

    ReplyDelete

Thanks For Your Comment :)

Sahabat

Twitter @HeniPR